Kontra Satria Muda, Hangtuah Nyaris Buat Kejutan

Senin, 29 Januari 2018 09:55 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Indonesian Basketball League. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Indonesian Basketball League.

Hari ketiga Seri 6 IBL 2017/18 yang berlangsung di Yogyakarta diwarnai laga-laga ketat. Salah satunya adalah laga antara Satria Muda kontra Hangtuah Sumsel. 

Laga berlangsung ketat hingga akhir, bahkan BSB Hangtuah nyaris membuat kejutan. Hampir saja mereka mengalahkan Satria Muda Pertamina walau akhirnya harus menyerah 64-66 pada pertandingan yang berlangsung di GOR UNY, Minggu (28/01/18).

Hangtuah mampu unggul di kuarter pertama dengan 15-18, berlanjut pada kuarter kedua 29-35. Keunggulan masih bisa dipertahankan Hangtuah di kuarter ketiga dengan skor 45-48. Bahkan menjelang berakhir Hangtuah unggul 63-64 sebelum tembakan tiga angka Avan Seputra membuat Satria Muda unggul 66-64. Usaha Keenan Palmore dan Nashon George gagal membuat Hangtuah menyamakan kedudukan.

"Bad game but good experience buat kami. Pada offense kami masih kurang bagus," kata pelatih Satria Muda, Youbel Sondakh.

© INDOSPORT/satria-muda
Youbel Sondakh, pelatih Satria Muda Pertamina Jakarta. Copyright: INDOSPORT/satria-mudaYoubel Sondakh, pelatih Satria Muda Pertamina Jakarta.

Avan yang menjadi penentu kemenangan Satria Muda, mencetak 13 angka meskipun di babak pertama gagal mencetak satupun angka. "Coach Youbel bilang untuk tetap percaya diri menembak, nanti pasti ada hasilnya dan terbukti," kata Avan usai laga.

"Kemenangan ini karena spirit dan kerja keras tim," sambung shooting guard dengan nomor punggung 23 itu.

Pelatih Hangtuah, Andika Supriadi Saputra mengaku menyiapkan game plan khusus menghadapi Satria Muda.

"Bermacam defense sudah kami keluarkan dan hasilnya tidak buruk," kata Andika. "Kuarter ketiga outside shooter SM bagus dan di kuarter keempat outside dan inside mereka bagus," akunya.

 

A post shared by Indonesian Basketball League (@iblindonesia) on

"Kami sudah bermain bagus, tapi mereka menang. Saat kesempatan terakhir saya mencoba mengkreasi kontak di bawah ring tapi gagal juga," kata George yang mencetak 14 angka dan 11 rebound. 

Dengan kemenangan itu, Satria Muda masih kokoh di puncak klasemen sementara Divisi Merah dengan 23 poin. Sedangkan Hangtuah masih harus berjuang agar mampu lolos ke babak playoff IBL 2017/18.