Bintang NBA Batal ke Asian Games 2018, Pelatih Filipina Pasrah

Senin, 13 Agustus 2018 18:05 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Atlet timnas basket Filipina. Copyright: © Getty Images
Atlet timnas basket Filipina.

INDOSPORT.COM - Bintang NBA yang memperkuat Cleveland Cavaliers, Jordan Clarkson, dipastikan tak akan bisa memperkuat negaranya, Filipina, di gelaran Asian Games 2018.

Kepastian ini didapat setelah pihak NBA tak memberikan izin kepada Clarkson absen dari klubnya hanya untuk mengikuti ajang Asian Games.

Berdasarkan perjanjian NBA dan federasi bola basket dunia, FIBA, pemain hanya diperbolehkan absen untuk ajang-ajang seperti Olimpiade, Piala Dunia Basket, dan Continental Cup. Ajang Asian Games sendiri tak masuk ke dalam perjanjian tersebut, sehingga Clarkson tak mendapatkan izin.

"Kesepakatan NBA dengan FIBA menetapkan bahwa pemain NBA dapat berpartisipasi dalam Olimpiade, Piala Dunia Bola Basket FIBA, Continental Cup, dan turnamen kualifikasi terkait. Karena Asian Games bukan salah satu dari kompetisi tersebut, pemain NBA tidak dapat berpartisipasi," ujar juru bicara NBA, Tim Frank, seperti dilansir Bleacherreport.

Hal ini jelas menjadi kerugian untuk tim basket Filipina. Apalagi, nama Clarkson juga sudah didaftarkan ke dalam tim yang akan berlaga di Asian Games 2018.