Kalah Tipis dari China, Filipina Protes Dipimpin Wasit Hong Kong

Kamis, 23 Agustus 2018 13:38 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Jordan Clarkson, pemain Cleveland Cavaliers yang akan tampil bersama timnas basket Filipina di Asian Games 2018. Copyright: © Getty Images
Jordan Clarkson, pemain Cleveland Cavaliers yang akan tampil bersama timnas basket Filipina di Asian Games 2018.

INDOSPORT.COM – Meski telah diperkuat bintang Cleveland Cavaliers, Jordan Clarkson, tim basket putra Filipina kalah tipis dari China di Asian Games 2018. Filipina lantas memprotes penunjukan wasit asal Hongkong.

Pelatih tim basket putra Filipina, Yeng Guiao, menyebut bahwa wasit asal teritorial China sebaiknya tidak memimpin laga saat timnya kalah. Ia juga mempertanyakan beberapa keputusan foul dari wasit Yuen Chun Yip.

Filipina kalah tipis dari China dengan skor 80-82. China di luar dugaan mendapatkan 2 poin tambahan melalui free throw yang dihadiahi oleh wasit di 13 detik jelang laga berakhir.

Keputusan tersebut membuat pelatih Filipina murka. Ia menganggap China diuntungkan oleh keberadaan wasit asal Hong Kong.

“Pertandingan dipimpin oleh wasit asal Hong Kong, yang termasuk teritorial China juga. Kami melawan wasit,” ungkap Yeng Guiao kepada ABS-CBN.

“Mereka (wasit) memberi 39 poin melalui free throw dan kami hanya 15.”

Dalam laga Filipina kontra China di babak penyisihan grup D, Selasa (21/08/18), Clarkson menyumbang 28 poin, termasuk 5 lemparan 3 angka yang berhasil dimasukkan.

Dengan hasil tersebut, Filipina harus bergantung pada partai di grup lain untuk memastikan lolos ke babak selanjutnya.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain serta Serba-serbi Asian Games 2018 di INDOSPORT