Gara-gara Rambut, Pemain Asing Hangtuah Dipulangkan IBL?

Selasa, 12 Februari 2019 15:25 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Humas IBL
Bryquis Perine, pebasket dari Hang Tuah. Copyright: © Humas IBL
Bryquis Perine, pebasket dari Hang Tuah.

INDOSPORT.COM - Bryquis Perine, pemain anyar tim Hangtuah dipulangkan pihak Indonesian Basketball League (IBL) pada Minggu (10/02/19) dengan alasan tak memenuhi syarat tinggi badan.

Pelatih tim bola basket yang berasal dari Palembang tersebut, Andika Saputra, menyatakan jika hal tersebut diduga akibat rambut yang dimiliki oleh Bryquis. 

"Mungkin karena rambut. Rambut orang Amerika Serikat kan modelnya keriting-keriting tinggi begitu," ujar Andika kepada Antara, Senin (11/02/19).

Andika bersikukuh bahwa tinggi Bryquis adalah 189 centimeter, bukan 190 centimeter seperti yang disebutkan pihak IBL dalam rilis resmi kepada media. 

Satu centimeter lebih tinggi daripada aturan tinggi maksimal 'small man' yang 188 centimeter inilah yang disebutnya karena faktor rambut. 

Sementara Direktur IBL, Hasan Gozali mengakui bahwa tinggi badan Bryquis setelah dilakukan pengukuran oleh tim medis IBL adalah 189 centimeter dan lebih dekat ke 190 centimeter jika dibulatkan serta Hasan juga menampik jika kelebihan itu karena soal rambut.

"Jadi waktu kami ukur, tingginya 189-190an centimeter. Kalau masalah rambut, sebenarnya sudah ditekan-tekan saat pengukuran. Tetap saja tingginya segitu," tutur Hasan.

Dalam keterangan IBL, Bryquis memiliki tinggi badan 190 centimeter. Pihak IBL pun akhirnya memulangkan pemain asing baru Hangtuah, Bryquis Perine karena tidak memenuhi syarat tinggi badan. 

Berdasarkan aturan IBL, setiap tim memiliki jatah dua pemain impor di skuat, yang mana satu di antaranya adalah "small man" dengan tinggi maksimal 188 centimeter dan lainnya "big man" dengan tinggi badan bebas.

Skuat Hangtuah pun sebelumnya sudah memiliki "big man" Jarad Lee Scott yang bertinggi badan 209 centimeter.

Dampak dari peristiwa ini, IBL memasukkan agen Bryquis ke daftar hitam dan melarang mereka beraktivitas di Indonesia selama setahun. 

Sekadar informasi, Bryquis sendiri sudah tampil di satu laga IBL Pertamax 2018-2019 untuk Hangtuah tepatnya di seri ketujuh menghadapi Stapac, Jumat (08/02/19) di Malang.

Penulis: Neneng Astrianti

Ikuti Terus Perkembangan IBL dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM