Legenda LA Lakers Lelang Cincin Juaranya untuk Hal Mulia

Kamis, 28 Februari 2019 14:07 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Operation Sports
Kareem Abdul-Jabbar (kanan) ketika masih menjadi pemain LA Lakers bersama Magic Johnson. Copyright: © Operation Sports
Kareem Abdul-Jabbar (kanan) ketika masih menjadi pemain LA Lakers bersama Magic Johnson.

INDOSPORT.COM - Legenda Los Angeles Lakers, Kareem Abdul-Jabbar, mengikhlaskan sejumlah memorabilia kariernya dilelang demi keperluan amal, termasuk cincin juaranya yang bersejarah.

Dilansir UPI, Abdul-Jabbar melepas empat dari enam cincinnya dari tahun 1980, 1984, 1987, dan 1988. Selain itu, ia juga melelang seragam dan bola basket bertanda tangan yang digunakan saat pertandingan terakhirnya pada tahun 1989.

Pria yang kini berusia 71 tahun tersebut mengaku lapang dada meski harus kehilangan barang-barang berharga yang diperolehnya selama bermain 20 musim di NBA. Namun, Abdul-Jabbar rela menukar itu semua demi masa depan yang lebih cerah untuk semua orang.

“Memorabilia olahraga saya adalah sejarah dan kehidupan saya. Anehnya, ikatan batin dengan benda-benda ini sudah tidak sebanding lagi dengan keinginan untuk membangun sejarah baru bagi saya dan orang lain,” kata Abdul-Jabbar.

Hasil dari pelelangan ini akan disalurkan melalui badan amal yang didirikan Abdul-Jabbar, Skyhook Foundation. Ia pun merasa senang jika memang benda-benda yang dimilikinya tersebut bisa membawa banyak manfaat bagi sesama.

“Ketika harus memilih antara menyimpan cincin dan trofi juara atau meraih kesempatan untuk mengubah hidup banyak anak, jawabannya sederhana saja. Jual saja semuanya,” ujar legenda yang membela Lakers selama 14 tahun tersebut.

“Ketimbang memandangi benda-benda berkilauan tersebut, saya lebih memilih melihat wajah anak-anak ketika sedang memegang kupu-kupu atau memikirkan apa yang bisa saya lakukan untuk mereka di masa depan. Itu merupakan sebuah sejarah yang tidak ternilai harganya,” kata Abdul-Jabbar.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM