Jadi Legenda, 5 Gerakan Khas Pemain NBA Ini Paling Ikonik

Rabu, 6 Maret 2019 20:40 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT/Yooan Rizky Syahputra
3 Pemain basket NBA dengan gaya khas yang melegenda: Manu Ginobili, Dirk Nowitzki, dan Kareem Abdul-Jabbar. Copyright: © INDOSPORT/Yooan Rizky Syahputra
3 Pemain basket NBA dengan gaya khas yang melegenda: Manu Ginobili, Dirk Nowitzki, dan Kareem Abdul-Jabbar.

INDOSPORT.COM - Menjadi salah satu olahraga yang paling digemari oleh penduduk Amerika Serikat dan penduduk di belahan bumi lainnya, bola basket memiliki banyak kompetisi yang diselenggarakan setiap tahun. 

Turnamen tersebut di antaranya, British Basketball League (BBL) di Inggris, National Basketball Association (NBA) di Amerika, dan Indonesia Basketball League (IBL) di Indonesia. Tak ada yang menampik jika NBA merupakan liga basket paling populer di seluruh dunia lantaran pebasket yang bermain di ajang ini adalah yang terbaik di bidangnya. 

Permainan olahraga tim yang kerap menonjolkan kemampuan individu ini melahirkan sejumlah nama pemain bintang seperti Michael Jordan dan Kobe Bryant. Keduanya telah sukses memukau orang banyak selama bertahun-tahun dengan skill mereka saat tampil dalam situasi yang sulit dan tentu saja dengan melakukan aksi khas mereka.

Gerakan tangan yang khas, aksi gaya unik pemain, serta melakukan permainan berbeda saat pertunjukan dapat menjadi bagian yang menentukan dalam permainan pemain bola basket.

Berikut INDOSPORT rangkum lima gerakan khas paling ikonik atlet top yang banyak ditiru oleh pemain lainnya. 

1. Kareem Abdul-Jabbar (Skyhook)

© AP
Kareem Abdul-Jabbar saat melakukan gerakan ikoniknya, skyhook. Copyright: APKareem Abdul-Jabbar saat melakukan gerakan ikoniknya, skyhook.

Kareem Abdul-Jabbar "mematenkan" teknik skyhook, yakni jump shot dengan melemparkan bola menggunakan satu tangan saja seraya tangan satunya lagi menghalangi lawan sehingga space dalam menembak menjadi lebih terbuka. 

Saat pertandingan NBA sekitar tahun 1983 di Inglewood, California, Jabbar melakukan aksi skyhook-nya ketika melawan Artis Gilmore dari San Antonio Spurs.

Gerakan skyhook dari Kareem Abdul Jabbar tersebut tingginya lebih dari 2,18 meter dan tidak mungkin dapat diblokir karena ketinggian lawannya yang terbatas. Kemudian Jabbar menekuk seluruh tubuhnya untuk mengangkat bola lewat lengan panjangnya dan dengan elegan melemparkannya ke dalam ring. 

Lalu Jabbar mengembangkan kemampuan untuk menembak skyhook menggunakan dua tangan, sehingga membuat para lawan semakin sulit untuk beradu dengannya. Kareem Abdul-Jabbar, pencetak angka terbanyak dalam sejarah NBA, kini terkenal karena memiliki gerakan khasnya yang bernama skyhook.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%