Rui Hachimura Catat Sejarah di NBA Draft 2019

Jumat, 21 Juni 2019 13:41 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© nba.com
Rui Hachimura cetak sejarah di NBA Draft 2019. Copyright: © nba.com
Rui Hachimura cetak sejarah di NBA Draft 2019.

INDOSPORT.COM - Pebasket asal Jepang, Rui Hachimura mencatatkan sejarah di NBA Draft 2019. Ia menjadi pebasket Jepang pertama yang dipilih pada putaran pertama NBA Draft.

Rui Hachimura dipilih oleh Washington Wizard pada pick ke-9 putaran pertama NBA Draft. Sebelumnya ia bermain di tim basket Gonzaga University.

Tiga tahun bersama Gonzaga, Hachimura memang menjadi sorotan. Ia berhasil mencetak rata-rata 19,7 poin, dan 6,5 rebound saat bermain selama tiga tahun bersama Gonzaga.

Pemain basket berusia 21 tahun ini juga memiliki prestasi di tingkat kampus. Hachimura mendapatkan gelar Julis Erving Small Forward of The Year. Tim Hachimura juga masuk ke Elite Eight di NCAA sebagai unggulan pertama.

Berkat penampilan apiknya, Hachimura kemudian memantapkan diri untuk ikut serta dalam NBA Draft 2019. Ia menjadi salah satu dari 20 pemain yang diudang green room yang prestisius di draft.

Hingga akhirnya, Washington Wizard memilih Hachimura pada pilihan ke-9 dan menjadikannya sebagai pemain Jepang pertama yang terpilih di first round NBA Draft.

"Ini gila, seperti tidak nyata. Itu sangat berarti bagi saya, keluarga, dan negara. Saya ingin berterima kasih kepada pelatih saya yang memberitahu saya akan pergi ke NBA," ucap Hachimura dikutip dari Japan Times.

Sukses menembus NBA, Hachimura sendiri awalnya bukan pemain basket. Di Jepang, Hachimura memulai karier dengan bermain baseball. Namun saat tumbuh dewasa ia jatuh cinta dengan basket dan Carmelo Anthony adalah pemain favoritnya.