Timnas Basket Indonesia Diperkuat Pemain Asal Amerika di William Jones Cup 2019

Rabu, 3 Juli 2019 12:59 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Aksi CJ Giles saat ingin melakukan slam dunk. Copyright: © INDOSPORT/Herry Ibrahim
Aksi CJ Giles saat ingin melakukan slam dunk.

INDOSPORT.COM - Timnas Basket Indonesia bakal diperkuat oleh pemain kelahiran Amerika Serikat yang sudah dinaturalisasi oleh Bahrain, CJ Giles pada ajang Willian Jones Cup 2019.

Turnamen William Jones Cup 2019, akan diadakan pada 12 sampai 21 Juli 2019 mendatang. Nah, dibawanya CJ Giles ini karena pihak panitia William Jones Cup meminta Indonesia membawa pemain asing.

Hal itu dilakukan agar kekuatan tim peserta nantinya tidak timpang dan bisa seimbang. Oleh karena itu, pelatih kepala Timnas Basket Indonesia, Wahyu Widayat jati meminta bantuan CJ Giles.

Alasan Wahyu membawa CJ Giles ini karena center andalan Indonesia, Adhi Pratama dan Vincent Kosasih belum bisa bermain. Sehingga otomatis hanya ada Kelvin Sanjaya dan Tri Hartato.

Ssementara itu CJ Giles juga pernah bermain di Indonesian Basker League (IBL) 2017/18 membela Pelita Jaya Basketball. Saat itu ia mencetak rata-rata 13,3 poin dan 15,8 rebounds.

Keikutsertaan Indonesia dalam ajang William Jones Cup ini nantinya akan menjadi bahan evaluasi bagi Timnas Basket Indonesia. Wahyu ingin para pemainnya bisa menunjukkan perkembangan yang positif.

Selain akan membawa CJ Giles ke William Jones Cup, Timnas Basket Indonesia juga sudah mempersiapkan diri agar bisa bersaing di turnamen yang digelar di Taiwan tersebut.

Saat ini, Timnas Basket Indonesia sudah menjalani pemusatan latihan sekitar tiga minggu. Bahkan saat laga uji coba melawan Satria Muda Pertamina Jakarta, timnas berhasil menang 92-82.

"Perkembangannya sudah bagus. Mereka sudah berlatih tiga minggu terakhir. Satu minggu untuk perbaikan kondisi, dan dua minggu materi latihan sistem dan startegi," beber Wahyu.

Wahyu kemudian menngungkapkan bahwa timnas Indonesia sedang mencari lawan untuk laga uji coba kedua dalam waktu dekat. Mereka mencari tim yang bersedia untuk uji coba, khususnya yang ada di Jakarta, seperti Pelita Jaya Baskettball, Stapac Jakarta, NSH Jakarta, atau Hangtuah.