Hasil William Jones Cup 2019: Unggul di Kuarter 1, Indonesia Kalah dari Jepang

Selasa, 16 Juli 2019 16:52 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Instagram/FIBA Asia Cup
Timnas Indonesia yang berlaga di William Jones Cup 2019 menelan kekalahan dari Jepang. Copyright: © Instagram/FIBA Asia Cup
Timnas Indonesia yang berlaga di William Jones Cup 2019 menelan kekalahan dari Jepang.

INDOSPORT.COM - Timnas basket Indonesia kembali mengalami kekalahan dari Jepang dengan skor 61-88. Ini merupakan kekalahan ketiga Indonesia di William Jones Cup 2019.

Digelar di Changhua Stadium, Chinese Taipei (Taiwan), Selasa (16/07/19) sore WIB, Indonesia awalnya bisa membuka skor lewat tembakan tiga angka Indra Muhammad.

Jual beli tembakan three point terjadi di awal pertandingan, karena Jepang membalasnya melalui Hashimoto Koike. Tapi, Indonesia kembali unggul 6-3 lewat three poin Wendha Wijaya.

Selama kuarter pertama, tim skuat asuhan Wahyu Widayat Jati alias Cacing bisa menekan pemain Jepang. Mereka pun unggul 19-14 dari Jepang di kuarter pertama.

Namun sayang di kuarter kedua, Jepang bermain sangat disiplin antara penyerangan dan pertahanan, sehingga mereka mampu membalikkan keadaan menjadi 22-19.

Tertinggal, Indonesia kemudian keluar dari masa sulit lewat keberhasilan Mei Joni mencetak dua three point. Kegemilangan timnas berlanjut usai Indra berhasil mencuri bola dan melakukan dunk sehingga Indonesia berbalik unggul 27-22 dari Jepang.

Di tengah-tengah kuarter dua, Indonesia pun lengah dan Jepang lalu mencetak angka demi angka. Namun, Indonesia yang dimotori oleh Arif Hidayat masih menempel ketat.

Meski tertinggal, Indonesia patut berbangga karena bisa mencetak rata-rata three point lebih tinggi dari Jepang. Indonesia berhasil menciptakan 40 persen three point, sedangkan Jepang hanya 38,4 persen.

Lanjut kuarter ketiga, masalah ketahanan fisik seperti melanda pemain Timnas Indonesia. Mereka pun sering melakukan kesalahan sehingga tertinggal sampa 12 angka.

Bahkan di akhir kuarter tiga, salah satu pemain Jepang, Haruto Ogawa berhasil menutup pertandingan dengan melakukan dunk keras yang membuat skor 63-48.

Kuarter empat, Indonesia semakin tertinggal. Total, Kaleb Ramot cs hanya mencetak 13 poin. Parahnya presentase three point Indonesia di kuarter keempat menyentuh angka 0 persen, sangat berbanding terbalik dengan Jepang yang mampu menembus rata-rata 57,1 persen.

Poin terakhir Indonesia dicetak oleh Mei Joni usai menerima umpan manis dari Kaleb. Pertandingan pun berakhir dengan skor 88-61 untuk kemenangan Jepang.

Dalam laga itu, Mei Joni mencetak poin tertinggi untuk Indonesia sebanyak 18 dan disusul oleh Kaleb Ramot dengan 14 poin. Di sisi lain, Jepang menang lewat 14 poin dari Shuto Ando, 11 poin Flippin Koh, dan 10 poin dari Haruto Ogawa dan Hugh Watanabe.

Untuk pertandingan selanjutnya di hari ke-6 William Jones Cup 2019, Indonesia akan berhadapan dengan tuan rumah, Taiwan A pada Kamis (18/07/19) mendatang.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%