Bangga! FIBA Tunjuk Wasit Wanita Asal Indonesia Pimpin Laga NBA

Rabu, 17 Juli 2019 16:22 WIB
Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Wasit basket wanita asal Jambi, Yuli Wulandari. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Wasit basket wanita asal Jambi, Yuli Wulandari.

INDOSPORT.COM - Wasit basket asal Jambi, Indonesia, Yuli Wulandari, diundang untuk mewasiti junior NBA Global Final di Orlando, Amerika Serikat pada Agustus mendatang. Wanita berusia 32 tahun ini akan bertolak ke Orlando dan bukan hanya akan mewakili Jambi dan Indonesia tetapi juga Yuli menjadi perwakilan Asia di event Global ini.

Sebelumnya Yuli pernah menimba ilmu di Philadelphia dan Washington pada tahun 2013, wanita kelahiran kabupaten Tanjung Jabung Barat ini juga merupakan wasit yang memiliki lisensi wasit bola basket Internasional (FIBA) no 28488.

“Ya tentu status berlisensi internasional, karena berhubungan dengan FIBA yang menunjuk saya. Ini adalah perwakilan Asia. Kesempatan yang jarang sekali didapat. FIBA ingin mencari wasit-wasit muda di Asia untuk bisa memimpin kejuaraan dunia,” Kata Yuli, seperti dilansir dari Antara.

Terbatasnya wasit-wasit muda wanita untuk kejuaraan di Asia maupun dunia membuat FIBA kesulitan mencari pengadil lapangan yang berkualitas. Menurut Yuli, wasit dituntut memiliki skill sebagai pengadil karena bisa berdampak pada permainan dari suatu olahraga itu sendiri.

“Kualitas wasit yang baik juga akan menciptakan kualitas permainan atlet. Dengan pengalaman ini, saya bisa membantu anak-anak (atlet) Jambi ke depannya agar bisa berprestasi di nasional dan internasional,” Kata Yuli.

Yuli Wulandari kali pertama mewasiti liga profesional basket di Indonesia pada tahun 2013-2014. Kala itu di ajang liga basket Indonesia bernama National Basketball League (NBL) yang dinaungi PT Deteksi Basket Lintas.

Dinilai memiliki potensi, Yuli diberangkatkan untuk mengikuti Sports Visitor Program yang diselenggarakan US Department of State pada tahun 2013.

Dari sana awal mula karier wasit internasional Yuli dipandang. Sehingga Yuli pun dapat berbagi ilmu, bukan hanya untuk wasit lainnya, tetapi juga kepada para pemain mengenai training, nutrisi, kebugaran, pemecahan masalah, life skills, olahraga bagi penyandang cacat, serta mengenal manajemen olahraga yang juga diterapkan di Amerika Serikat.

Dengan mendapatnya kesempatan baru untuk ke Orlando, Amerika Serikat, Yuli berharap akan muncul wasit-wasit seperti dirinya yang dapat mengharumkan nama daerah khususnya Jambi, bahkan Indonesia yang akan bermunculan di event basket nasional dan internasional.

Sehingga olahraga basket Indonesia akan lebih maju dan berprestasi lagi. Apalagi dengan lolosnya tim basket putri Jambi menuju PON 2020, harapan Yuli Wulandari akan banyak lagi yang bermunculan untuk mengharumkan dan memajukan basket Jambi.

Penulis: Israelly Rex Kawengian