Timnas Basket Indonesia Bakal Naturalisasi Pemain, Begini Tanggapan Daniel Wenas

Senin, 29 Juli 2019 12:03 WIB
Penulis: Ivan Reinhard Manurung, Arif Budi Setyanto | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Shintya Maharani/INDOSPORT
Pemain Bogor Siliwangi, Daniel Wenas. Copyright: © Shintya Maharani/INDOSPORT
Pemain Bogor Siliwangi, Daniel Wenas.

INDOSPORT.COM - Bintang Indonesian Basket League (IBL), Daniel Timothy Wenas turut berkomentar terkait rencana Timnas Basket Indonesia yang akan menaturalisasi pemain kelahiran Amerika Serikat, Denzel Bowles.

Saat diwawancarai eksklusif dengan INDOSPORT, Daniel Wenas mengatakan bahwa rencana naturalisasi tersebut memang perlu dilakukan agar permainan Timnas Basket Indonesia semakin berkembang.

"Untuk mengisi kekosongan pemain, kita memang perlu big man di posisi 5 atau center. Posisi itu memang paling diperlukan dan pemain naturalisasi akan membuat permainan semakin berkembang," ucap Daniel Wenas kepada awak redaksi media INDOSPORT.

Pebasket asal Jakarta tersebut mengatakan, naturalisasi pemain ini adalah sebagai langkah awal agar Indonesia bisa bersaing di basket dan untuk mengejar Filipina yang merupakan salah satu negara terkuat untuk basket di Asia Tenggara.

Lebih lanjut, Daniel Wenas mengatakan bahwa Filipina memiliki keungutungan karena mereka bisa menggaet pemain-pemain yang punya dual pasports.

"Filipina saja menaturalisasi satu pemain besar dan satu lagi pemain keturunan Amerika yang main di NBA. Jadi kalau kita masih satu saja sebenarnya masih dirugikan. Apalagi Filipina bisa dual passport, jadi mereka punya pemain dual pasport dan naturalisasi," tambahnya.

Daniel Wenas sendiri musim 2018/19 bermain dengan Bogor Siliwangi di IBL. Pebasket berusia 26 tahun ini juga berkesempatan mengikuti seleksi Timnas Basket Indonesia dengan pelatih anyar, Rajko Toroman yang dijadwalkan pada 30 Juli 2019.

Sementara itu, jika proses naturalisasi Danzel Bowles berjalan lancar, maka pemain undrafted NBA tersebut akan gabung dengan Timnas Basket Indonesia sekitar September atau Oktober 2019 mendatang.