6 Fakta FIBA World Cup 2019: Munculnya Format Baru dan Absennya Para Bintang NBA

Rabu, 31 Juli 2019 19:26 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Frederic Stevens/Getty Images
Trofi Piala Dunia Basket 2019. Copyright: © Frederic Stevens/Getty Images
Trofi Piala Dunia Basket 2019.

INDOSPORT.COM - Para pencinta bola basket dunia akan disuguhkan tontonan menarik, yakni FIBA World Cup 2019 yang digelar pada 31 Agustus hingga 15 September 2019 di China.

Dalam gelaran kali ini muncul format baru dalam kualifikasi. Selain itu, seperti yang diketahui, banyak bintang NBA yang mundur dari timnas Amerika Serikat.

Meski begitu, tentunya FIBA World Cup 2019 akan menjadi tontonan yang menarik. China sendiri merupakan negara Asia ketiha yang menjadi tuan rumah FIBA Wolrd Cup setelah Filipina di tahun 1974 dan Jepang 2006.

Setelah itu, edisi FIBA World Cup selanjutnya, Indonesia akan menjadi tuan rumah ajang bergengsi ini bersama Filipina serta Jepang.

Untuk menyambut FIBA Wolrd Cup 2019 yang akan digelar sebulan dari sekarang, berikut portal olahraga INDOSPORT.COM sajikan 6 faktanya.

1. Muncul format baru

Untuk pertama kalinya FIBA World Cup akan diikuti oleh 32 tim peserta. Sebelumnya, sejak edisi 2006 tim peserta hanya 24 saja. Selain itu, penentu untuk lolos ke FIBA Wolrd Cup ini juga diganti.

FIBA mensyaratkan dilangsungkannya fase kualifikasi mandiri per wilayah, tak lagi menggunakan kejuaraan regional.

Dari zona Afrika mengirimkan lima wakil, yakni Nigeria, Tunisia, Angola, Pantai Gading, dan Senegal. Sementara itu di zona Asia-Oceania adah tujuh wakil, yaitu tuan rumah China, Australia, Filipina, Iran, Jepang, Korea Selatan, Selandia Baru, dan Yordania.

Amerika Serikat yang berstatus juara bertahan dan peraih medali emas Olimpiade 2016 tetap melewati fase kualifikasi zona Amerika dan lolos didampingi enam negara lain yakni Argentina, Brasil, Kanada, Puerto Rico, Republik Dominika dan Venezuela.

Terakhir di zona Eropa mengirimkan wakil terbanyak dengan 12 negara, yakni Serbia, Jerman, Italia, Lithuania, Montenegro, Polandia, Prancis, Republik Ceko, Rusia, Spanyol, Turki, dan Yunani.

2. Diselenggarakan di 8 kota

Delapan kota di China dipilih menjadi venue FIBA World Cup 2019. Grup A akan dilakukan di Beijing,  Grup B di Wuhan, Grup C di Guangzhou, Grup D di Foshan, Grup E di Shanghai, Grup F di Nanjing, Grup G di Shenzhen dan Grup H di Dongguan.

Sementara itu, putaran kedua akan dilaksanakan di empat kota, yakni Foshan, Wuhan, Shenzhen dan Nanjing. Sedangkan Guangzhou, Beijing, Dongguan dan Shanghai tuan rumah fase penentuan peringkat 17-32.

Fase perempat final akan digelar di Dongguan dan Shanghai, sedangkan Beijing jadi pusat babak semifinal, penentuan peringkat 3-8 dan final.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%