Mengenal Sosok Joe Tsai: Orang Asia Pertama yang Memiliki Klub NBA Secara Penuh

Jumat, 16 Agustus 2019 20:48 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Joseph Tsai akan menjadi orang Asia pertama yang memiliki klub NBA secara penuh setelah namanya disebutkan akan menguasai seluruh saham tim basket asal New York, Brooklyn Nets, dengan nilai akuisisi 2,35 miliar dolar AS atau sekitar Rp33,5 triliun.

Seperti yang diwartakan ANTARA, nilai akuisisi itu sekaligus mencetak rekor pembelian terbesar baru sebuah klub olahraga Amerika Serikat dan akan menyisihkan rekor sebelumnya yakni senilai 2,2 miliar dolar AS (Rp31,4 triliun) ketika David Tepper membeli Carolina Panthers pada 2018 dan ketika Tillman Fertita membeli Houston Rockets pada 2017.

Sosok Joe Tsai, sapaannya, mengumpulkan pundi-pundi uangnya dari bisnis e-commerce. Lahir pada Januari 1964 di Taiwan, dia memiliki istri bernama Clara Wu dan dikaruniai tiga anak. Dia adalah sarjana ekonomi dan studi Asia pada Universitas Yale, serta doktor hukum pada universitas yang sama.

Pria kelahiran Taiwan memiliki paspor Kanada dan termasuk orang paling kaya di Hong Kong edisi 2019, dan pengusaha IT paling kaya versi 2017. Saat ini tercatat kekayaan bersih Joseph Tai  per 14 Agustus 2019 mencapai 9,3 miliar dolar AS (Rp132,5 triliun).

Tak cukup sampai disitu, ia pun menjadi orang nomor satu terkaya di China. Selain itu bisnis e-commerce yang ia jalankan yakni sebagai wakil presiden serta pendiri Alibaba Group dan menjadi penguasa saham mayoritas kedua perusahaan e-commerce ini setelah sang chairman Alibaba, Jack Ma.

Sebagai pelengkap, sekitar dua tahun lalu Joseph Tsai telah menguasai 49 persen saham Brooklyn Nets. Kini ia pun disebutkan akan membeli 51 persen sisanya dan membuat dirinya sepenuhnya menguasai tim asal New York tersebut.