Meski Terkaya di China, Joseph Tsai Bukan Orang Asia Pertama yang Miliki Klub NBA

Rabu, 14 Agustus 2019 20:04 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Instagram Sports Illustrated
Kyrie Irving dan Kevin Durant di Brooklyn Nets Copyright: © Instagram Sports Illustrated
Kyrie Irving dan Kevin Durant di Brooklyn Nets

INDOSPORT.COM - Wakil Presiden Alibaba, Joseph Tsai, mengakuisisi klub NBA Brooklyn Nets. Joseph Tsai bukan orang Asia pertama yang miliki klub NBA. 

Wakil Presiden perusahaan e-commerce asal China Alibaba, Joseph Tsai, akan menjadi pemilik klub NBA, Brooklyn Nets. 

Joseph Tsai sebelumnya sudah menguasai saham Brooklyn Nets sejumlah 49 persen, dan Joseph Tsai kini membeli sisa 51 persen saham klub yang akan diperkuat Kyrie Irving dan Kevin Durant tersebut

Nilai akuisisi Brooklyn Nets mencapai 2,35 miliar dolar AS (Rp33,5 triliun). Nilai ini melampaui rekor sebelumnya untuk sebuah klub olahraga di Amerika Serikat. 

David Tepper yang membeli Carolina Phanters senilai 2,2 miliar dolar AS (Rp31,4 triliun) adalah pemegang rekor sebelumnya. 

Joseph Tsai sendiri adalah pemegang saham mayoritas kedua Alibaba setelah Jack Ma. Joseph Tsai juga menjadi orang paling kaya di China per 14 Agustus 2019. 

Menurut Forbes, kekayaan Joseph Tsai mencapai 9,3 miliar dolar AS (Rp132,5 triliun). 

Erick Thohir Lebih Dulu

Meskipun Joseph Tsai merupakan orang terkaya di China dan memecahkan rekor pembelian klub olahraga di Amerika Serikat, dirinya bukanlah orang Asia pertama yang memiliki klub NBA. 

Pada tahun 2012 lalu pengusaha Indonesia, yang juga Ketua INASGOC pada Asian Games 2018 lalu, Erick Thohir, mengakuisisi saham Philadelphia 76ers. 

Erick Thohir mengakuisisi saham Philadelphia 76ers sebanyak 15 persen melalui grup Comcast-Spectator. Meskipun akhirnya saham Erick Thohir di Philadelphia 76ers dilepas pada tahun 2013 untuk membeli saham Inter Milan. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%