Tim Basket Putra 3x3 Sumut Lolos ke PON 2020

Selasa, 20 Agustus 2019 17:46 WIB
Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Sumatera Utara hanya meloloskan tim basket 3x3 putra pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 Papua. Namun sayang, keberhasilan itu tak diikuti tim putri Sumut. Hasil itu didapat pada Pra-PON yang berlangsung di Jakarta 17-18 Agustus 2019 kemarin. 

Adapun tim putra yang lolos, yakni Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Utara, Riau, Sulawesi Selatan, DKI Jakarta, dan Jawa Tengah. Sementara tim putri yakni Bali, Jawa Tengah, Sumbar, Sulsel, DKI, Jawa Barat, dan Kalbar. Sementara tuan rumah Papua lolos otomatis.

Tim basket 3x3 putra Sumut mengawali laga perdana dengan buruk. Pasalnya, Juan Harsab Maulana dan kawan-kawan takluk dari Jawa Barat 21-11.

"Kekalahan itu sudah kami prediksi sebelumnya. Persaingan memang sangat ketat," kata asisten pelatih, Herijanto kepada awak media, Senin (19/08/19).

Sumut bangkit di game selanjutnya. Menuntaskan perlawanan Yogyakarta dengan kemenangan 21-18 dan menang atas Kalimantan Barat 15-7. Selanjutnya, Sumut kembali kalah dari Jatim 21-17. Pada partai penentuan di babak kualifikasi ketiga, Sumut mengatasi  Jawa Tengah 13-9. Sumut menjadi tim kelima yang lolos ke PON.

Atas raihan tersebut, Herijanto turut mengapresiasi sukses tim putra. Hasil tersebut tidak terlepas dari persiapan tim, terlebih sebelumnya telah beruji coba ke Bandung menghadapi tim-tim Pra-PON lainnya.

"Pastinya perlu kerja keras. Kami tim pelatih selalu mengatakan kepada anak-anak agar main sesuai intruksi pelatih. Hasilnya bagus, mereka bisa jalani dan main rileks," ujarnya.

Lebih lanjut Herijanto mengatakan, evaluasi dari tim pelatih pastinya ada. Apalagi dalam kualifikasi kemarin, tim asuhannya sempat menelan kekalahan.

"Evaluasi utama itu fisik dan body contact. Itu harus jadi fokus kami sebelum ke PON tahun depan," imbuhnya.

Sebagai informasi, tim putra diasuh Donald Partogi Marpaung dan Herijanto. Para pemainnya adalah Limbong, Wafi, Rafi, Nicholas, Calvin, Temmo, Juan Harsab Maulana dan Petrus.