Demi SEA Games 2019, Brandon Jawato Disiapkan untuk Naturalisasi

Rabu, 21 Agustus 2019 16:54 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Fitra Herdian/Indosport.com
Brandon Jawato saat menghadapi Black Bears. Copyright: © Fitra Herdian/Indosport.com
Brandon Jawato saat menghadapi Black Bears.

INDOSPORT.COM - Timnas basket 3x3 sedang dalam proses persiapan SEA Games 2019 di Manila. Sebagai salah satu persiapannya, Brandon Jawato akan dinaturalisasi.

Mengutip dari laman Main Basket, pemanggilan para pemain sudah dimulai dari tanggal 19 hingga 21 Agustus di Jakarta. Rama Datau menjadi manager Timnas 3x3 Putra Indonesia, Ali Budimansyah sebagai kepala pelatih dan Tri Hartanto membantu sebagai asisten pelatih.

Pemanggilan nama-nama pelatnas dilihat dari penampilan dan performa mereka selama IBL 3x3 beberapa waktu lalu. Dari 15 nama yang sudah terpilih akan dipangkas menjadi 8 pemain.

Dari 8 pemain akan dibagi menjadi dua grup, salah satunya akan mengikuti turnamen di Maladewa. Sedangkan grup kedua akan mengikuti turnamen FIBA lainnya.

"Dari delapan pemain tersebut akan kami pilih enam pemain di bulan Oktober nanti. Enam pemain tersebut akan dikirim untuk mengikuti pemusatan latihan di Serbia. Lalu empat pemain terbaik Indonesia, berangkat ke SEA Games 2019 Manila pada bulan November," kata Rama Datau, dikutip dari Main Basket.

Rama pun menjelaskan mengenai rencana naturalisasi pemain yang diijinkan FIBA, pada 3x3 SEA Games nanti. Tiap negara dapat memasukkan satu pemain naturalisasi. Timnas memiliki calon kuat sebagai pemain naturalisasi yaitu Brandon Jawato.

Pemain yang memiliki darah Amerika-Indonesia ini memiliki portofolio yang baik di liga profesional Indonesia, pernah bermain untuk Pelita Jaya Basketball Club di IBL 2016, dan menjadi juara ABL 2018-2019 bersama CLS Knights Indonesia.

"Kami memang prioritaskan pemain (naturalisasi) yang pernah main di Indonesia. Jadi kami pilih pemain yang mengenal budaya Indonesia. Salah satu kandidatnya ada Brandon Jawato. Berkasnya sedang kami siapkan, semuanya dalam proses pengajuan," kata Rama.

"Soal komunikasi dengan Jawato sudah kami lakukan. Dia (Jawato) tertarik untuk bergabung," tambahnya lagi.

Rencana naturalisasi pemain ini adalah rencana cadangan, karena bisa saja Indonesia bermain tampil tanpa pemain naturalisasi. 

Penulis: Israelly Rex Kawengian

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%