In-depth

5 Kandidat Kuat MVP NBA Musim 2019/20

Jumat, 23 Agustus 2019 15:44 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© uncontestedshots
Trofi MVP NBA Copyright: © uncontestedshots
Trofi MVP NBA

INDOSPORT.COM - Musim NBA 2019/20 yang ke 74, akan dimulai tanggal 22 Oktober 2019 mendatang sampai tanggal 15 April 2020 dan akan melaju ke putaran playoff pada tanggal 18 April 2020 dan Final nya akan dilaksanakan di Bulan Juni 2020.

Banyak aksi dari beberapa pemain yang ditunggu pada musim ini ditambah dengan bergabungnya beberapa pemain bintang dan menjadi satu tim sehingga membuat duo atau trio bintang di dalamnya.

Gelar MVP atau Most Valuable Player adalah penghargaan dan bonus untuk seorang pemain yang dinilai memiliki statistik dan efisiensi bermain yang terbaik dari pemain lainnya atau bisa dikatakan adalah pemain terbaik pada suatu liga.

Pada NBA sendiri, setiap akhir tahun musim, selalu NBA memberi apresiasi di beberapa kategori salah satunya seperti pemain pendatang baru terbaik, pemain bertahan terbaik, pemain yang paling berkembang dan masih banyak, tetapi dari semua itu, ada kategori terpenting yaitu penghargaan untuk pemain terbaik. Karena seperti nama penghargaannya, pemain terbaik dari yang terbaik.

Tetapi dari banyaknya bintang yang bergabung dalam satu tim. tentu akan ada satu bintang yang bersinar dan memiliki pengaruh membawa dan berperan penting dalam timnya, berkaca dari statistik sebelumnya, berikut 5 nama yang layak masuk sebagai kandidat peraih pemain terbaik NBA 2019/20:

1. LeBron James

© USA Today
Megabintang Lakers, LeBron James Copyright: USA TodayMegabintang Lakers, LeBron James

Musim 2019-20 merupakan proyek besar Los Angeles Lakers dan Lebron James dengan misi mengembalikan kejayaan Lakers yang sudah lama tidak mengecap rasa playoff.

Jika benar sesuai dengan harapan, Lakers yang beberapa tahun ini berada di garis bawah peringkat tim, tentu tak lepas dari turun tangan dan kerja Lebron James dengan cara bermain yang tidak berubah sejak ia muda.

Dilihat dari statistik setiap tahun, sepertinya tetap layak dijadikan MVP karena peran besarnya dalam setiap tim yang ia bela. Apalagi jika musim ini Lakers melaju lebih baik.

Statistik Lebron 2018-19: 27.4 Poin per game, 8.5 Rebound dan 8.3 Asissts.

2. Stephen Curry

© Getty Images
Stephen Curry melakukan selebrasi Copyright: Getty ImagesStephen Curry melakukan selebrasi

Meskipun gagal di Final NBA, peran Curry sangat kental dan berarti untuk Golden States Warrior. Dari banyaknya bintang yang dimiliki Golden States seperti Boogie, Kevin Durant, Klay Thompson yang pada musim lalu sering mengalami cidera, membuat Curry, sebagai mesin poin paling penting yang dimiliki Warriors.

Curry adalah salah satu penembak dan pengatur serangan terbaik yang dimiliki NBA dan Amerika Serikat. Pemain yang sering menciptakan situasi mematikan dan menjadi momok untuk tim lawan ini sering merepotkan pertahanan lawan, ditambah dengan badannya terbilang tidak tinggi dari normalnya pemain NBA lainnya.

Memiliki presentase tembakan yang sangat baik, 43.7% tembakan Curry tercipta dari luar garis 3 Angka, sepertinya cukup menjadikannya alasan untuk menjadi kandidat MVP musim 2019-20

Statistik Curry 2018-19: 27.3 poin per game, 5.3 Rebound, 5.2 Assists.