'Terlantar' di NBA, Jeremy Lin Akhirnya Gabung Klub Basket China

Rabu, 28 Agustus 2019 12:42 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Visual China Group via Getty Images/Visual China Group via Getty Images
Jeremy Lin dalam event 3rd Annual All-Star Game di China. Copyright: © Visual China Group via Getty Images/Visual China Group via Getty Images
Jeremy Lin dalam event 3rd Annual All-Star Game di China.

INDOSPORT.COM - Mantan bintang Toronto Raptors, Jeremy Lin telah menandatangani kontrak dengan klub asal China, Beijing Shougang Ducks dan bermain di Asosiasi Bola Basket China (CBA) untuk musim depan.

Melansir dari laman South China Morning Post, kabar kepindahan sang pemain telah dikonfirmasi oleh salah satu media televisi asal China, Sina Weibo yang menunjukkan Jeremy Lin sedang menandatangani kontrak dengan klub asal China tersebut.

“Beijing, saya di sini,” ujar Lin.

Pemain 31 tahun itu dalam beberapa minggu terakhir memang kerap dikait-kaitkan akan bergabung ke klub ibu kota China tersebut. Namun kabar ini secara resmi baru diumumkan Selasa, (27/08/19) waktu setempat.

Jeremy Lin yang punya basis penggemar yang cukup besar di wilayah Asia, sudah diperkirakan akan berlabuh dengan tim CBA, setelah gagal mendapat kesepakatan dengan klub NBA meski berstatus sebagai Free Agent.

Resmi bergabung, Jeremy Lin sah menjadi pemain termahal yang bermain di CBA. Dalam sebuah laporan, pemain berpaspor AS itu telah mendapat tawaran sebesar 3 juta dolar AS (sekitar Rp42 miliar) per tahun selama berseragam Beijing Shougang Ducks.

Klub ibu kota China, Beijing Shougang Ducks merupakan tim yang berhasil merengkuh gelar CBA Championship tiga kali di musim, 2012, 2014 dan 2015.

Jeremy Lin juga memilki catatan menarik ketika bermain di NBA. Selama sembilan tahun berkarier, Jeremy Lin sukses mendapat gelar NBA pertamanya saat berseragam Toronto Raptors musim lalu.

Ini sekaligus menjadikan Lin pebasket berdarah Asia-Amerika pertama yang berhasil merengkuh titel bergengsi di Amerika tersebut.  

Penulis: Muhammad Harris Muda