Ada Timnas Basket Indonesia, IBL Tambah Kuota Pemain Asing

Kamis, 29 Agustus 2019 16:01 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Indosport.com
Indonesian Basketball League Copyright: © Indosport.com
Indonesian Basketball League

INDOSPORT.COM - Indonesian Basketball League (IBL) akan menambah kuota pemain asing untuk setiap klub peserta karena adanya Timnas Basket Indonesia yang ikut berkompetisi.

Meski Stapac Jakarta mundur, kompetisi IBL bakal berjalan sengit. Pasalnya, Timnas Basket Indonesia yang diasuh Rajko Toroman bakal hadir dalam kompetisi IBL.

"Tim nasional akan ikut dan poinnya dihitung seperti biasa, tapi mereka akan sampai babak reguler," ucap Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah dikutip dari iblindonesia.com.

Oleh sebab itu, dengan adanya Timnas Basket Indonesia yang ikut berkompetisi, IBL menambahkan kuota pemain asing di dalam tim peserta sebanyak tiga orang.

Penggunaan tiga pemain asing dalam setiap roster tim peserta IBL dinilai bakal meningkatkan level kompetisi. Nantinya dari tiga pemain asing, dua pemain bisa bermain bersama di dalam lapangan.

Ketiga pemain asing tersebut bertinggi maksimal 200 cm dengan harga tiga pemain asing masing-masing klub adalah enam ribu dolar AS. Maksimal salary seorang pemain asing adalah tiga ribu dolar AS.

Setiap klub pun saat ini sudah mulai merancang strategi menyoal pemilihan pemain asing yang bakal dipanggil untuk memperkuat tim peserta IBL.

"Kita akan melihat dan menganalisa pada posisi apa kita memerlukan pemain asing," ujar Direktur Operasional Basketball Amartha Hangtuah, Fery Jufri.

“Kami akan mencoba memilih pemain asing yang bisa menjadi leader dan memimpin pemain lain dalam tim Satya Wacana Salatiga,” ucap manajer tim Satya Wacana, Zaki Iskandar.

Selain para pemain asing, para pemain yang tidak terpilih untuk memperkuat Timnas Basket Indonesia akan tampil membela tim masing-masing dalam kompetisi IBL nanti.