Menang Dramatis Lawan Turki, Amerika Kunci Tiket Babak Kedua FIBA World Cup 2019

Rabu, 4 September 2019 15:22 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Yohanes Ishak
© Bleacher Report
Pemain Boston Celtics dan Timnas Basket Amerika, Kemba Walker Copyright: © Bleacher Report
Pemain Boston Celtics dan Timnas Basket Amerika, Kemba Walker

INDOSPORT.COM - Tim basket Amerika Serikat mengunci tiket ke babak kedua FIBA World Cup 2019 usai menang dramatis melawan Turki di laga kedua grup E, Selasa (03/09/19).

Diperkuat banyak bintang NBA seperti Kemba Walker, Donovan Mitchell, Kayson Tatum, Harisson Barnes, dan Myles Turner, AS kesusahan menundukan Turki. Buktinya laga AS vs Turki harus dilanjutkan sampai babak overtime untuk menentukan pemenang pertandingan.

Di kuarter pertama, AS mampu unggul 26-21 dari Turki. Namun, di tiga kuarter setelahnya, skuat asuhan Gregg Popovich tersebut kewalahan. Lewat Ersan Ilyasova, Turki memberikan perlawanan yang berarti kepada AS.

Bahkan di kuarter terakhir, Turki hampir saja menang. Mereka unggul 81-79 dari AS. Namun sayang Tatum yang mendapatkan tiga tembakan free throw berhasil memasukkan dua di antaranya dan memaksa laga berlanjut ke overtime.

Di babak overtime, lagi-lagi Turki hampir membekuk AS andai saja mereka bisa memanfaatkan tembakan free throw di penghujung laga. Amerika pun menang tipis 92-91 berkat ketenangan Middleton melakukan free throw.

Khris Middleton pun menjadi aktor kemenangan AS dengan mencetak poin terbanyak yakni 15 poin dan 2 rebound. Torehan itu disusul oleh Kemba Walker yang mencatatkan 14 poin, 7 assists, dan 6 rebound.

Di sisi lain, penampilan gemilang Ersan Ilyasova yang mencetak double-double dengan 23 poin, 14 rebound, dan satu assists belum bisa membawa Turki mengungguli AS.

Berkat hasil ini, AS yang menang di dua laga grup FIBA World Cup 2019 berhasil mengunci tiket babak kedua. Selain itu, ada juga Brasil, Prancis, Republik Dominika, Lithuania, dan Australia yang megikuti langkah AS.

Mereka juga bergabung dengan enam negara yang sebelumnya sudah memastikan diri melaju ke babak kedua FIBA World Cup 2019, yakni Italia, Serbia, Polandia, Rusia, Argentina, dan Spanyol.