Jepang Tak Bakal Mainkan Pemain Muda Wizards di Sisa FIBA World Cup 2019

Sabtu, 7 September 2019 12:22 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Ned Dishman/Getty Images
Pebasket asal Jeoang, Rui Hachimura Copyright: © Ned Dishman/Getty Images
Pebasket asal Jeoang, Rui Hachimura

INDOSPORT.COM - Timnas basket Jepang, telah menarik keluar pemain muda Washington Wizards, Rui Hachimura, di sisa FIBA World Cup 2019.

Jepang memang gagal lolos ke babak berikutnya di FIBA World Cup 2019. Satu grup dengan Amerika Serikat, Republik Ceko dan Turki tim nasional Negeri Sakura itu sama sekali tak pernah meraih kemanangan.

Meski begitu, Jepang masih harus bertanding di FIBA World Cup untuk memperebutkan posisi ke 17-32. Jepang masih memiliki dua pertandingan melawan Selandia Baru dan Montenegro.

Akan tetapi, di sisa dua laga tersebut, rookie Washington Wizards, Rui Hachimura dipastikan tak akan tampil. Pasalnya, Jepang sudah menarik Hachimura dari skuatnya. Keputusan tersebut diambil Jepang demi menjaga kesehatan Hachimura yang nantinya akan bermain sebagai rookie NBA bersama Wizards.

"Rui (Hachimura) mengalami masalah lutut dan kelelahan selama Piala Dunia. Kami telah memantaunya bersama Wizards. Sementara semua orang berharap Rui bisa menyelesaikan Piala Dunia dengan Jepang, tapi kami percaya keputusan yang diambil ini untuk mengistirahatkannya adalah yang terbaik," tulis pernyataan Asosiasi Basket Jepang (JBA).

Sementara itu, bagi Hachimura sendiri ini adalah keputusan yang sulit untuk diambil. Namun, ia tetap mempercayai keputusan bersama yang telah diambil oleh negara dan timnya tersebut demi kelanjutan kariernya.

Rui Hachimura sendiri adalah pemain pilihan ke-9 dalam NBA Draft 2019. Hal itu menjadikannya sebagai pemain Jepang pertama yang terpilih dalam first round NBA Draft.