Lolos ke Babak Kedua FIBA World Cup 2019, Republik Ceko Ukir Sejarah

Jumat, 6 September 2019 14:18 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© nz.basketball
Republik Ceko mengukir sejarah saat berkompetisi di kompetisi basket FIBA World Cup 2019. Copyright: © nz.basketball
Republik Ceko mengukir sejarah saat berkompetisi di kompetisi basket FIBA World Cup 2019.

INDOSPORT.COM - Republik Ceko mengukir sejarah usai memastikan diri lolos ke babak kedua FIBA World Cup 2019 yang digelar di China.

FIBA World Cup 2019 menjadi langkah manis bagi Republik Ceko yang tahun ini berstatus sebagai negara debutan. Tahun ini adalah pertama kali mereka ikut dalam kompetisi basket FIBA World Cup.

Republik Ceko sendiri sebelumnya tampil pada empat edisi ketika masih menjadi bagian dari Cekoslowakia dengan raihan terbaik yakni peringkat keenam pada tahun 1970.

Meski berstatus negara debutan, Republik Ceko menunjukkan bahwa mereka tak bisa dipandang sebelah mata. Mengawali FIBA World Cup 2019, Republik Ceko bertemu dengan negara kuat, Amerika Serikat.

Alhasil, mereka pun tumbang 67-88 saat meladeni skuat asuhan Gregg Popovich yang dipimpin oleh bintang anyar Boston Celtics, Kemba Walker.

Akan tetapi, Republik Ceko bisa bangkit usai menerima kekalahan dari tim Negara Paman Sam. Pada laga kedua melawan Jepang, mereka akhirnya meraih kemenangan perdana di ajang FIBA World Cup 2019 dengan skor akhir 89-76.

Pada laga ketiga, Republik Ceko harus menghadapi laga hidup mati melawan Turki. Dewi Fortuna pun akhirnya memihak ke Republik Ceko. Mereka berhasil menang 91-76 dari Turki dan menyusul AS ke babak kedua FIBA World Cup.

Prestasi ini adalah pencapaian yang gemilang bagi Vojtech Hruban dan kawan-kawan. Dilansir dari Prague Morning, Republik Ceko mengukir sejarah dengan lolos ke babak kedua FIBA World Cup 2019 meski berstatus negara debutan.

Di babak kedua, Republik Ceko tergabung di grup K bersama Amerika Serikat, Brasil, dan Yunani. Akankah langkah Republik Ceko masih terus berlanjut, atau mereka bakal kandas, melihat lawan-lawan di babak kedua ini semakin berat.