Sebelum Ikat Kepala Ninja, Ini Deretan Aksesoris yang Dilarang NBA

Jumat, 13 September 2019 15:54 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Mitchell Leff/Getty Images
Pemain Philadelphia 76ers, Mike Scott (kiri), memakai ikat kepala ala ninja. Copyright: © Mitchell Leff/Getty Images
Pemain Philadelphia 76ers, Mike Scott (kiri), memakai ikat kepala ala ninja.

INDOSPORT.COM - Baru saja tren ikat kepala ala ninja yang dipopulerkan oleh sejumlah bintang NBA pada musim lalu, secara resmi dilarang oleh National Basketball Association (NBA). Faktor keamanan para pemain menjadi alasan NBA mengeluarkan aturan baru tersebut.

Namun ini bukan pertama kalinya NBA mengeluarkan aturan larangan penggunaan aksesoris dalam pertandingan. Sejumlah aksesoris yang pernah menjadi tren oleh beberapa bintang NBA salah satunya sepatu yang dipakai Michael Jordan, sempat dilarang penggunaannya oleh NBA.

Sempat tren pada tahun 1980, kalung rantai emas yang dipopulerkan oleh pemain 76ers Darryl Dawkins harus masuk ke dalam list aksesoris yang dilarang penggunaannya dalam pertandingan.

Pelarangan untuk menggunakan perhiasan dalam pertandingan merupakan aturan yang masuk akal, karena aksesoris tersebut tidak memiliki fungsi penting bagi para pemain.

Michael Jordan juga harus membayar denda sebesar lima ribu dolar AS (Rp70 juta) hanya untuk sepasang sepatu berwarna mencolok yang ia pakai saat pertandingan.

Mengutip Sports Illustrated, pada tahun 1984, peraturannya berbunyi para pemain harus menggunakan sepatu senada dengan seragam yaitu perpaduan hitam dan putih. Namun MJ memilih menggunakan sepatu dengan perpaduan merah dan hitam.

Bentuk ikat kepala yang dilarang lainnya adalah durag pada tahun 2000. Pemain legenda Sam Perkins pernah mempopulerkannya. Namun pada saat itu penggunaannya dilarang karena faktor keselamatan.

Masih dengan ikat kepala, tahun 2010 penggunaan ikat kepala terbalik yang populer di kalangan bintang NBA seperti Rajon Rondo dilarang terkait logo yang familiar dengan logo NBA.

NBA juga melarang sempat penggunaan celana ketat yang dipakai oleh pemain bintang Kobe Bryant dan lainnya pada tahun 2010.

Para pemain memakai celana ketat panjang sebagai pelapis celana pendek yang mereka gunakan. Namun NBA mempertimbangkan larangan itu sehingga mencabutnya dengan catatan kebutuhan medis bagi para pemain.

Dwyane Wade pernah membuat kontroversi dengan memakai plester dan kacamata gelap. Ia menggunakan aksesoris tersebut karena alasan cedera yang dialaminya. Namun Wade masih menggunakannya setelah sembuh dan NBA merasa terganggu akan hal itu.

Selain Air Jordan, pada tahun 2010 NBA juga pernah melarang penggunaan sneakers dari Athletic Propulsion Labs karena dinilai memiliki teknologi yang membuat pemain dapat melompat lebih tinggi sehingga membuat pertandingan tidak kompetitif.

LeBron James juga pernah menggunakan aksesoris yang tidak lazim saat pertandingan. Untuk melindungi hidungnya yang patah James memakai topeng serat karbon dalam pertandingan melawan Knicks. Namun liga mengimbaunya untuk beralih ke pelindung kepala yang lebih baik.

Pada tahun 2017 Kelly Oubre sempat membuat kehebohan dengan menggunakan Supreme shooting sleeve. Sejatinya penggunaan aksesoris tersebut untuk melapisi lengan namun Oubre memakai di kakinya sehingga NBA langsung menegurnya untuk tidak memakai aksesoris itu kembali.

Penulis: Suci Hardiyanti

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%