Gagal di FIBA World Cup 2019, Bintang Amerika Serikat Incar Olimpiade 2020

Minggu, 15 September 2019 14:39 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Lintao Zhang/Getty Images
Gregg Popovich bersama skuat timnas basket Amerika Serikat Copyright: © Lintao Zhang/Getty Images
Gregg Popovich bersama skuat timnas basket Amerika Serikat

INDOSPORT.COM - Timnas basket Amerika Serikat meraih juara di FIBA World Cup 2019. Hal itu membuat Donovan Mitchell mengincar Olimpiade Tokyo 2020 menjadi titik balik AS.

Timnas basket AS harus puas berada di tempat ketujuh FIBA World Cup 2019. Pencapaian itu, dinilai adalah sebuah kemunduran bagi skuat asuhan Gregg Popovich.

AS awalnya tampil menjanjikan hingga ke babak perempatfinal. Mereka berhasil menyapu bersih kemenangan di fase grup. Namun, petaka kala mereka bertemu Prancis.

Kemba Walker cs tak mampu menahan perlawanan Prancis yang dimotori satu rekan tim Donovan Mitchell di Utah Jazz, Rudy Gobert. Alhasil AS harus bertanding melawan Serbia dalam perebutan 5-8 besar.

AS yang tak diperkuat sebagian nama top NBA harus menelan pil pahit. Mereka kalah dari Serbia yang diperkuat Nikola Jokic serta Bogdan Bogdanovic. Hingga akhirnya, timnas negeri Paman Sam itu bangkit ketiga mengalahkan Polandia dan mengunci tempat ketujuh FIBA World Cup 2019.

Meski tak bisa memenuhi publik Amerika karena gagal di ajang FIBA World Cup 2019, Donovan Mitchell masih bangga bisa terlibat di skuat Popovich.

"Bagi saya ini adalah pengalaman yang luar biasa. Smeua orang ingin melihat tujuan akhirnya, tapi ketika Anda memikirkan 'Saya bermain untuk AS' saya pikir itu sangat luar biasa. Tentu saya ingin melakukannya lagi jika diberi kesempatan," ucap Mitchell dikutip dari FIBA.basketball.

Selain itu, Mitchell juga menegaskan bahwa AS akan kembali bangkit di turnamen mendatang, yang terdekat adalah Olimpiade Tokyo 2020. Ia menegaskan AS juga kan mempertahankan emas di Olimpiade 2020 mendatang.

"Orang-orang akan kembali dan kita akan siap. Aku senang dan mengenal orang-orang di NBA. Jadi siapapun yang dipilihi ke Tokyo dan turnamen berikutnya, Amerika akan siap," tegas Mitchell.

Mitchell sendiri di FIBA World Cup 2019 bermain dengan rata-rata 27,2 menit. Ia mencetak rata-rata 13,1 poin, 4,3 rebound, dan 5 assists per pertandingan.