Hasil Pertandingan Final FIBA World Cup 2019: Spanyol Juara!

Minggu, 15 September 2019 21:46 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© VCG/VCG via Getty Images
Pemain basket Spanyol Sergio Llull mendapat hadangan dari pemain basket Argentina Nicolas, Piala Dunia 2019 FIBA ​​antara Argentina dan Spanyol di Beijing, Cina, (15/09/19). Copyright: © VCG/VCG via Getty Images
Pemain basket Spanyol Sergio Llull mendapat hadangan dari pemain basket Argentina Nicolas, Piala Dunia 2019 FIBA ​​antara Argentina dan Spanyol di Beijing, Cina, (15/09/19).

INDOSPORT.COM - Timnas basket Spanyol berhasil meraih juara FIBA World Cup 2019 usai mengalahkan Argentina pada babak final, Minggu (15/09/19) di LeSports Center, Beijing, China.

Pada kuarter pertama, Spanyol berhasil mengejutkan Argentina dengan unggul jauh. Dimotori Ricky Rubio Spanyol mampu unggul 12-2 dari Argentina.

Argentina yang diperkuat oleh Facu Campazzo dan Luis Scola kemudian merespon ketertinggalan itu dengan cepat. Nyatanya Argentina mampu memangkas poin 12-14 lewat beberapa fast break menjelang akhir kuarter pertama. 

Akan tetapi, Spanyol masih bisa menjaga jarak poin dari Scola dan rekan-rekannya. La Roja pun unggul 23-14 dari Argentina pada kuarter pertama. Masuk kuarter kedua ritme cepat pertandingan pun tak mengendor. Rudy Hernandez membuka poin di kuarter kedua bagi Spanyol dengan tembakan three point.

Pada akhir kuarter dua, Argentina meminta time out. Sebab, Spanyol bisa memperlebar jarak mereka. Namun, Marc Gasol cs berhasil mempertahankan keunggulan Spanyol 43-31 dari Argentina.

Berlanjut di kuarter ketiga, Argentina dan Spanyol dan Argentina langsung berbalas free throw. Tapi, ritme pertandingan tak secepat seperti di kuarter kedua. Marc Gasol yang membantu Toronto Raptors juara NBA musim inimenjadi pembeda bagi Spanyol di awal kuarter ketiga. Ia mencetak empat poin beruntun yang membawa unggul Spanyol 47-33.

Tertinggal, Argentina sempat melakukan full press defense. Namun, hal itu belum efektif. Buktinya, Spanyol malah berhasil memperlebar jarak menjadi 62-41. La Roja pun semakin perkasa dari timnas Tango. Di akhir kuarter tiga Rubio cs unggul 19 angka menjadi 66-47.

Masuk kuarter empat, barulah full press defense yang diterapkan Argentina mulai sedikit berhasil. Mereka pun memangkas jarak menjadi 14 poin dan Spanyol terpaksa meminta timeout. Meski terus ditekan Argentina, Spanyol tetap tenang. Mereka pun berhasil keluar dari tekanan Facu Campazzo dan kawan-kawan. Hingga akhirnya timnas Matador berhasil memenangkan laga dengan skor akhir 95-75 dari Argentina.

Ricky Rubio menjadi aktor kemenangan Spanyol dengan mencetak poin tertinggi. Rubio mencetak rata-rata 20 poin, 3 assits, dan 7 Rebound. Semntara itu, Marc Gasol juga membantu Rubio dengan 14 poin, 7 asissts, dan 7 rebound.

Sedangkan Gabriel Deck yang mencetak 24 poin, tertinggi di pertandingan belum mampu mambawa timnas Tango juara. Di sisi lain, Campazzo dan Luis Scola melempem karena hanya mencetak 11 poin dan 8 poin.

Berkat kemenangan ini, Spanyol berhak mendapatkan medali emas karena meraih juara FIBA World Cup 2019. Sedangkan Argentina harus puas dengan medali perak saja.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%