FIBA World Cup: Gagal, Tim Basket Amerika Serikat Tetap Jadi Nomor 1 Dunia

Jumat, 20 September 2019 13:14 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Zhizhao Wu/Getty Images
Amerika Serikat tetap menjadi tim peringkat satu dalam ranking dunia FIBA meski gagal di kejuaraan FIBA World Cup 2019. Copyright: © Zhizhao Wu/Getty Images
Amerika Serikat tetap menjadi tim peringkat satu dalam ranking dunia FIBA meski gagal di kejuaraan FIBA World Cup 2019.

INDOSPORT.COM – Tim basket Amerika Serikat masih kokoh di ranking 1 dunia meski tampil buruk di ajang kompetisi basket FIBA World Cup 2019 yang baru saja rampung beberapa waktu lalu.

Tak diperkuat bintang-bintang terbaik NBA, skuat Negeri Paman Sam hanya mampu menduduki peringkat ketujuh di akhir kejuaraan.

Meski gagal total di FIBA World Cup 2019 yang digelar di China, Amerika Serikat tetap memuncaki ranking dunia FIBA. Dalam ranking FIBA yang dirilis awal pekan ini, tim basket pria Amerika Serikat tetap berada di peringkat pertama.

Keberhasilan Amerika Serikat menempati peringkat satu ranking dunia FIBA membuat mereka mempertahankan posisi puncak dalam kurun waktu sembilan tahun terakhir.

Tim USA menguasai ranking teratas FIBA sejak mereka merengkuh gelar juara dunia pada tahun 2010 lalu. Sejak saat itu, posisi mereka tak tergoyahkan hingga kini.

Kendati Amerika Serikat tetap mendominasi ranking dunia FIBA, keberhasilan Spanyol menjadi juara FIBA World Cup 2019 seolah membuka mata bahwa kekuatan basket dunia kini tak hanya milik negeri adidaya tersebut.

“Saat ini, (kekuatan) basket di negara lain bukan lagi menjadi rahasia. Ada banyak tim kuat dan pemain hebat di seluruh dunia. Semua akan berkompetisi dan tim terbaiklah yang menjadi pemenang,” tutur pelatih tim Amerika Serikat, Gregg Popovich, dikutip dari laman berita sport ESPN.

Amerika Serikat sendiri menguasai ranking dunia FIBA setelah meraih hasil bagus di tiga turnamen mayor sebelum kejuaraan FIBA World Cup 2019. Mereka meraih medali emas Olimpiade 2012 dan 2016, serta menjadi juara dunia pada tahun 2014 lalu.

Sementara itu, Spanyol yang sukses mengukuhkan diri sebagai kampiun FIBA World Cup 2019 berada di ranking dua dunia, tepat di bawah Amerika Serikat. Di bawah Spanyol ada Australia yang naik delapan anak tangga ke posisi ketiga.

Finalis FIBA World Cup 2019, Argentina, berada di peringkat empat, sedangkan Prancis yang meraih medali perunggu FIBA World Cup 2019 menempati peringkat kelima ranking dunia FIBA.