Bukan Medali, Ini Target Utama Timnas Basket Indonesia di Ajang SEA Games Manila

Minggu, 29 September 2019 18:55 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Rajko Toroman, kandidat terkuat pelatih Timnas Basket Putra Indonesia. Copyright: © Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Rajko Toroman, kandidat terkuat pelatih Timnas Basket Putra Indonesia.

INDOSPORT.COM – Pelatih timnas basket Indonesia, Rajko Toroman, mematok target jangka panjang di luar ajang SEA Games 2019. Salah satunya bisa menghentikan dominasi Filipina di ajang Piala Asia FIBA.

Timnas basket Indonesia tengah mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk tampil di turnamen olahraga se-Asia Tenggara, SEA Games Manila 2019, yang akan mulai bergulir pada 30 November 2019 mendatang.

Meraih medali di SEA Games Manila sendiri bukanlah tujuan utama. Ditemui secara eksklusif oleh awak media INDOSPORT pada Selasa (17/09/19), juru strategi yang kerap disapa Coach Toro itu menyebutkan bahwa peningkatan tim dan perbaikan sistem adalah yang terpenting.

“Targetnya terus berkembang. Jika kita terus bermain semakin baik, tidak masalah kita mendapatkan emas, perak atau perunggu, yang penting bagi kami adalah peningkatannya,” kata Coach Toro kepada INDOSPORT.

“Karena kita tidak tahu apa yang terjadi pada SEA Games ini. Hal yang terpenting bagi basket Indonesia adalah pertama, terus berkembang, kedua jadi tim yang sulit dikalahkan,” lanjut pelatih berdarah Serbia itu.

Coach Toro sendiri berharap tercapainya target ini bisa membuat mereka lebih siap di Kualifikasi Piala Asia FIBA Februari mendatang.

Pada ajang ini, mereka akan dipertemukan dengan dua tim tangguh se-Asia sekaligus, yakni Filipina dan Korea Selatan.

“Mungkin kita belum sekompetitif Filipina dan Korea selatan. Tapi kita terus menggembleng pemain dengan sesuatu yang sulit. Kemudian, bukan tidak mungkin satu hingga satu setengah tahun ke depan kita akan mengalahkan mereka,” lanjut Coach Toro.