Rajko Toroman Ungkap Perkembangan Timnas Basket Indonesia

Kamis, 26 September 2019 20:58 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Rajko Toroman, pelatih Timnas Basket Putra Indonesia. Copyright: © Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Rajko Toroman, pelatih Timnas Basket Putra Indonesia.

INDOSPORT.COM - Sudah resmi melatih sejak akhir Juli 2019, Rajko Toroman selaku pelatih Timnas Basket Indonesia mengaku skuat asuhannya mengalami progres yang cukup baik dalam proses latihan menuju turnamen terbesar se-Asia Tenggara, yakni SEA Games Manila 2019.

Ditemui secara eksklusif oleh awak media INDOSPORT pada Selasa (17/09/19), juru strategi yang kerap disapa Coach Toro ini pun mengungkapkan perkembangan permainan Timnas Basket Putra Indonesia.

“Saya pikir kami terus berkembang di setiap harinya. Saya sudah melihat dan memantau tim ini ketika bermain di William Jones Cup, dan ternyata mereka tidak bermain cukup bagus,” ujar Toroman kepada INDOSPORT.

Diketahui ketika berlaga di turnamen William Jones yang diselenggarakan pada 12-21 Juli di Taiwan silam, timnas basket Indonesia kerap kali menerima kekalahan. Tercatat, Kaleb Ramot dan kawan-kawan hanya sekali memperoleh kemenangan saat melawan Universitas British Columbia Kanada pada Sabtu (13/07/19).

“Akhirnya saat mereka sudah kembali ke Indonesia, kami langsung mulai berlatih. Ternyata, saya puas dengan kinerja mereka, mereka semua pekerja keras,” puji Toroman untuk para pemain didikannya.

“Selama satu setengah bulan ini, mereka semua bekerja keras. Mereka punya kedisiplinan dan IQ Basketball yang baik untuk menjalankan sistem yang saya inginkan. Mereka memahaminya dengan baik,” tambahnya.

Dengan progres positif yang berhasil ditunjukkan para pemain saat pada latihan, Toroman dengan gamblang mengaku siap untuk menghadapi para rival beratnya seperti Filipina, Thailand, dan Singapura di SEA Games 2019 mendatang.

Kita semua siap berkompetisi dengan lawan yang punya tujuh sampai sembilan pemain impor. Saat ini, saya sangat puas karena mereka sangat bekerja keras dengan intensitas latihan yang sangat tinggi,” pungkasnya.