Ikut Turnamen di Taiwan, Timnas Basket Indonesia Raih Kemenangan di Laga Pertama

Selasa, 24 September 2019 17:19 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Timnas Basket Indonesia asuhan Rajko Toroman berhasil memenangkan pertandingan kontra Taiwan Beer. Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT. Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Timnas Basket Indonesia asuhan Rajko Toroman berhasil memenangkan pertandingan kontra Taiwan Beer. Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Timnas Basket Indonesia yang diasuh Rajko Toroman meraih kemenangan di laga pertama turnamen Hualien City Kwen-Fu melawan Taiwan Beer, Selasa (24/09/19).

Timnas Basket Indonesia tampil ganas sejak kuarter pertama. Pemain naturalisasi, Denzel Bowles, berhasil memenangkan tip off dan Andakara Prastawa berhasil membuka skor Indoensia dengan tembakan tiga angka.

Namun Taiwan Beer tak tinggal diam, mereka merespons dengan cepat, bahkan sempat unggul dari Indonesia lewat dua kali tembakan tiga angka. Tertinggal, Rajko Toroman langsung meminta timeout untuk Indonesia.

Indonesia sempat menerapkan full press defence di awal yang terbukti efektif, sehingga membuat pemain lawan melakukan turn over dan berhasil mencuri poin. Meski begitu, Timnas Indonesia Indonesia kalah 14-26 dari Taiwan Beer.

Pada kuarter kedua, Indonesia baru berbenah. Skuat asuhan Toroman lebih baik dari Taiwan Beer sehingga bisa memangkas jarak. Kuarter kedua berakhir dengan skor 42-36.

Barulah di kuarter ketiga Indonesia berhasil membalikkan keadaan. Kunci Indonesia, yakni berhasil menekan para pemain lawan, sehingga tak efektif membuat three point.

Di sisi lain, Denzel Bowles berhasil membawa kelebihannya di posisi center Timnas Basket Indonesia. Andakara Prastawa yang menjadi motor serangan juga memainkan perannya dengan baik, sehingga Indoensia memimpin 60-56 dari Taiwan Beer.

Pada kuarter terakhir, Indonesia tak mengendurkan serangan. Lewat fast break, Bowles kemudian mencetak dua poin yang memperlebar jarak Indonesia.

Kemudian, three point dari Abraham Damar Grahita dan Prastawa juga membuat tim lawan gigit jari. Taiwan Beer pun meminta timeout agar bisa mengubah keadaan.

Akan tetapi, Indonesia masih terlalu kuat di kuarter keempat ini, hingga Avan Seputra mencetak poin terakhir dan membawa Indonesia menang dengan skor akhir 82-69 dari Taiwan Beer.

Sementara itu, usai berhasil mengalahkan Taiwan Beer di laga pertama Hualien City Kwen-Fu, Timnas Basket Indonesia akan bertanding melawan Pauian, Rabu (25/09/19) pukul 12.00 WIB.