Legenda Basket Indonesia Bentuk Wadah Pembinaan Pemain Usia Dini

Senin, 30 September 2019 20:28 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Isman Fadil
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Pelatih kepala Timnas Basket Putra Indonesia, Rajko Toroman, saat melihat anak asuhnya bermain di Elang Cup Basketball Tournament di Medan. Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Pelatih kepala Timnas Basket Putra Indonesia, Rajko Toroman, saat melihat anak asuhnya bermain di Elang Cup Basketball Tournament di Medan.

INDOSPORT.COM - Legenda basket Indonesia, Romy Chandra dan Ali Budimansyah kini membentuk wadah bagi pemain usia dini.

Budi dan Romy merupakan salah satu duet yang tak terpisahkan. Bahkan keduanya bisasanya dianalogikan seperti duet Jordan-Pippen di Chicago Bulls.

Meski keduanya sudah pensiun dari ranah profesional, tak jarang pula mereka masih berduet di lapangan ketika berlaga di ajang bola basket veteran.

Selain itu, keduanya ternyata memiliki sumbangsih nyata bagi perkembangan basket di Tanah Air. Pasalnya Budi dan Romy kini membentuk wadah pembinaan basket usia dini dengan bendera Warriors.

"Kami berusaha memberikan basic fundamental yang bagus buat anak-anak yang ingin menekuni bola basket," jelas Gepeng sapaan akrab Romy dikutip dari iblindonesia.com.

Sebagai informasi, karier Romy dalam bola basket bisa dibilang berprestasi. Sebab, ia pernah membela timnas Indonesia dan merebut berbagai medali di SEA Games.

Padahal, Romy menjelaskan bahwa basket bukanlah olahraga pertama yang ia tekuni, melainkan bulutangkis. Tapi hal itu berubah ketika ia masuk SMA dan mulai serius dalam bermain basket.

"Kakak kelas mengajak dan melatih saya bermain basket Hingga akhirnya jadi keterusan dan mulai serius," jelas Romy.

Sementara itu, tercatat Gepeng sudah membantu Indonesia meraih medali perunggu di SEA Games 1993 Singapura serta di Brunei tahun 1999. Bahkan saat SEA Games 2001 di Malaysia, Timnas Indonesia yang dibela Romy sukses menyabet medali perak.