Dilatih Rajko Toroman, Kaleb Ramot Gemilang Ungkap Perubahan Timnas Basket Indonesia

Jumat, 29 November 2019 09:48 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Yohanes Ishak
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Tim Indonesia Selection melakukan latihan di GOR Angkasa Lanud, Medan, Selasa (06/08/2019) sore. Foto: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Tim Indonesia Selection melakukan latihan di GOR Angkasa Lanud, Medan, Selasa (06/08/2019) sore. Foto: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Jelang SEA Games 2019, Kaleb Ramot Gemilang buka suara terkait perubahan yang diberikan oleh Rajko Toroman untuk Timnas basket Indonesia.

Timnas basket Indonesia saat ini sudah bersiap untuk bersaing di SEA Games 2019. Ada 12 pemain yang dibawa oleh Rajko Toroman ke Filipina.

Sebelum SEA Games 2019, Timnas basket Indonesia telah melakukan training camp di Serbia. Kaleb Ramot dkk kemudian digembleng oleh latihan dan pertandingan uji coba.

Diasuh oleh Rajko Toroman, Kaleb Ramot Gemilang mengatakan adanya perubahan yang terjadi dengan gaya bermain. Menurutnya, secara umum Timnas Indonesia kini lebih menerapkan permainan ball moving.

"Jadi timnas yang sebelumnya, kita banyak basic ke Amerikn dan mainnya isolation play. Kalau di sini kita sudah main teamwork, jadi bola tidak boleh lama-lama dipegang," ucap Kaleb kepada awak redaksi INDOSPORT.

Selain itu, Kaleb mengatakan bahwa posisi bermainnya diubah oleh Rajko Toroman. Kaleb Ramot menuturkan ia terbiasa bermain di posisi 4, tapi di bawah asuhan Toroman ia diplot ke posisi 3.

Posisinya berubah, Kaleb mengaku butuh adaptasi baik dalam menyerang atau bertahan. Kaleb mengaku sangat kesusahan dalam bertahan karena ia terbiasa menjaga pemain dengan tubuh besar di posisi 4.

Namun ketika di posisi 3, Kaleb akan menjaga lawan yang lebih kecil dari segi postur tapi mereka lincah. Karena alasan itulah Kaleb harus beradaptasi di Timnas Basket Indonesia.

Sementara itu, Timnas Basket akan memulai pertandingan perdana di SEA Games 2019 pada 4 Desember melawan Thailand. Selanjutnya Kaleb cs akan berhadapan dengan Malaysia (05/12/19) dan Kamboja (07/12/19).