Menerka Peluang Timnas Basket Indonesia di SEA Games 2019

Senin, 2 Desember 2019 15:49 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Pelatih kepala Timnas Basket Putra Indonesia, Rajko Toroman, saat melihat anak asuhnya bermain di Elang Cup Basketball Tournament di Medan. Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Pelatih kepala Timnas Basket Putra Indonesia, Rajko Toroman, saat melihat anak asuhnya bermain di Elang Cup Basketball Tournament di Medan.

INDOSPORT.COM - Timnas Basket Indonesia akan mulai bertanding di SEA Games 2019, Rabu (04/12/19). Bagaimana peluang juara Timnas Basket Indonesia di SEA Games 2019?

Timnas Basket Indonesia yang saat ini dilatih oleh pelatih asal Serbia, Rajko Toroman, akan memulai perjuangannya di SEA Games 2019, Rabu (04/12/19). 

Thailand, akan menjadi lawan pertama dari Kaleb Ramot Gemilang dkk pada babak penyisihan Grup B, cabor basket 5x5 putra SEA Games 2019. 

Selain Thailand, yang menjadi saingan Indonesia di Grup B adalah Kamboja dan Malaysia. Komposisi Grup B SEA Games 2019 bisa dibilang cukup menyulitkan bagi Indonesia. 

Pasalnya, Thailand dan Malaysia punya kekuatan yang cukup bagus di cabor basket. Thailand sendiri adalah peraih medali perunggu cabor basket putra pada SEA Games 2017 lalu. 

Thailand juga menjadi saingan kuat Indonesia pada ajang FIBA Asia Cup 2021 SEABA Pre-Qualifiers 2018 lalu. Saat itu, Timnas Basket Indonesia menang sangat tipis 75-74 atas Thailand. 

Malaysia juga hanya kalah tipis 64-66 dari Timnas Basket Indonesia di ajang yang sama tahun lalu. Oleh sebab itu langkah Indonesia tidak akan mudah di SEA Games 2019. 

Lalu bagaimana peluang juara Indonesia di SEA Games 2019?

Skenario Terbaik 

Mengingat Indonesia berada di grup yang berbeda dengan Filipina, maka skenario terbaik agar Indonesia terhindar dari Filipina di babak semifinal adalah dengan menjadi juara grup. 

Pasalnya, lawan Filipina di Grup A kualitasnya berada di bawah tim berjuluk Gilas ini. Singapura, Myanmar, dan Vietnam bukanlah lawan sepadan bagi Filipina yang sudah mengoleksi 17 medali emas di ajang SEA Games. 

Peluang Filipina untuk menjadi juara Grup A di atas kertas adalah 90 persen lebih, oleh sebab itu Indonesia harus menjadi juara Grup B. 

Jika berhasil mengalahkan Thailand dan Malaysia, maka langkah Indonesia untuk menjadi juara Grup B tak akan terbendung dan tak akan bertemu Filipina di semifinal. 

Lawan di Semifinal 

Jika skenario terbaik terjadi, Indonesia dan Filipina sama-sama menjadi juara grup, maka kemungkinan lawan Indonesia di babak semifinal adalah Singapura. 

Singapura sendiri menjadi peringkat ke-4 pada SEA Games 2017 lalu. Prestasi Singapura sendiri di ajang SEA Games adalah 3 medali perunggu sejauh ini. 

Singapura juga konsisten lolos ke semifinal dalam tiga kali perhelatan SEA Games terakhir. 

Jika berhadapan dengan Singapura di babak semifinal, maka peluang Timnas Basket Indonesia untuk melaju ke final sangat besar. 

Peluang Juara

Disukai atau tidak, Filipina adalah lawan terberat bagi Indonesia di Asia Tenggara. Pada perhelatan SEA Games 2015 dan 2017, Indonesia tumbang saat berhadapan dengan Filipina di final. 

Terakhir kalinya Indonesia merebut gelar juara dengan mengalahkan Filipina adalah pada ajang SEABA Championship 1996 atau 23 tahun yang lalu. 

Meski rekor Indonesia saat berjumpa Filipina terbilang sangat buruk, bukan berarti Indonesia tak punya peluang. Apalagi Indonesia sudah memiliki pelatih baru dan gaya bermain baru. 

Setidaknya, meski akan kalah dari Filipina di final SEA Games 2019, Timnas Basket Indonesia tidak akan kalah dengan skor telak seperti SEA Games 2017 lalu.