Musim Ini Warriors Catatkan Rekor Kekalahan Terburuk Bersama Steve Kerr

Rabu, 1 Januari 2020 16:16 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Lanjar Wiratri
© Ezra Shaw/GettyImages
Steve Kerr, pelatih Golden State Warriors mencatatkan rekor kekalahan terburuk sepanjang karir kepelatihannya di NBA. Copyright: © Ezra Shaw/GettyImages
Steve Kerr, pelatih Golden State Warriors mencatatkan rekor kekalahan terburuk sepanjang karir kepelatihannya di NBA.

INDOSPORT.COM - Golden State Warriors harus rela takluk atas San Antonio Spurs  pada laga lanjutan NBA 2019-2020 hari ini, Rabu (1/1/20). Siapa sangka hal ini membuat Steve Kerr memecahkan rekor catatan kekalahan terburuk klub.

Dilansir laman berita Clutch Points, Warriors mencatatkan rekor terburuk dalam kurun waktu tiga bulan semenjak berlangsungnya NBA musim ini. Setidaknya mereka kalah 26 kali dan hanya menang sembilan kali dalam total 35 pertandingan sepanjang tahun 2019.

Catatan ini tentu terbilang sangat tragis jika dibandingkan dengan musim-musim terdahulu. Pada lima musim terakhir, Warriors kerap mampu memiliki catatan menang lebih banyak dibandingkan kekalahan.

Karier Kerr sendiri awalnya bisa dibilang gemilang, padahal tidak memiliki latar belakang sebagai pelatih basket sama sekali. Sempat bermain sebagai pebasket, pria asal Beirut, Lebanon ini sempat menjabat sebagai petinggi Phoenix Suns selama enam tahun.

Dirinya kemudian berlaih profesi sebagai pelatih Warriors pada tahun 2014 lalu menggantikan Mark Jackson. Debut musim NBA perdananya pun berakhir manis, berkat pemain inti seperti Stephen Curry, Klay Thompson, dan Draymond Green tim gawangannya mampu menutup musim dengan 67 kali menang dan 15 kali kalah.

Hasil menakjubkan musim itu menjadi awal mula Warriors kian menggila pada musim berikutnya kala mampu kalah hanya sembilan kali dalam 82 pertandingan. Curry cs pun nyaris menyabet trofi NBA musim tersebut, hanya saja mereka kalah lawan Cleveland Cavaliers dalam tujuh pertandingan NBA Finals.

Musim 2018-2019 pun Warriors juga nyaris menang di NBA Finals lewat kehadiran Kevin Durant. Sayang mereka kembali kalah atas Toronto Raptors meski mengawali pertandingan dengan cukup mulus.

Alasan melempemnya Warriors tidak lepas akan kehilangannya dua pemain intinya yakni Curry dan Thompson yang harus absen karena cedera. Kerr pun kian was-was karena dua pemain tersebut nampak tidak akan kembali berlaga di NBA musim ini dalam waktu dekat.

Hingga saat ini, Warriors tercatat menempati posisi nyaris paling buncit klasemen NBA musim ini yakni peringkat 29 diatas Atalanta yang hanya mampu menang tujuh kali dan kalah sebanyak 27 kali.