Mantan Komisioner NBA David Stern Tutup Usia

Kamis, 2 Januari 2020 10:28 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Berita duka tengah menyelimuti ranah NBA. David Stern yang pernah menjabat sebagai komisioner pada 1984-2014 meninggal dunia pada Rabu (1/1/20).

Dilansir dari BBC News, David Stern meninggal dunia pada usia 77 tahun di sebuah rumah sakit di Manhattan, Amerika Serikat.

Sebelum tutup usia, pada Desember 2019, ia sempat mengalami pendarahan otak cukup parah, yang mana membutuhkan operasi serius. 

Stern adalah komisaris yang paling berdedikasi di NBA. Ia memegang pekerjaan selama 30 tahun hingga pensiun pada Februari 2014.

Berkat David Stern, NBA semakin berjaya. Dulunya, NBA hanya diikuti 23 tim, kini menjadi 30 klub. NBA pun telah memiliki kantor di sejumlah kota besar dunia seperti Hong Kong, Johannesburg, Beijing, Mumbai dan London.

"David Stern membuat NBA semakin ternama dan eksis. Stern bukan hanya komisaris olahraga terbesar sepanjang masa, tetapi ia juga salah satu pemimpin bisnis paling berpengaruh di masanya," tutur Komisaris NBA, Adam Silver. 

Diketahui, sebelum menjabat sebagai komisaris, David Stern, yang merupakan lulusan Columbia Law School pernah menjadi penasihat hukum (1978) dan vice presiden (1980) di NBA.