Mengintip Kekuatan Calon Lawan Indonesia di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021

Kamis, 23 Januari 2020 07:33 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© FIBA
Logo FIBA Asia Cup 2021. Copyright: © FIBA
Logo FIBA Asia Cup 2021.

INDOSPORT.COM - Timnas Basket Indonesia akan berjuang di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. Berikut gambaran kekuatan lawan Indonesia di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. 

Perjuangan Timnas Basket Indonesia menuju FIBA World Cup 2023 akan kembali berlanjut bulan Februari 2020 mendatang. Anak asuh Rajko Toroman akan berlaga di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. 

Seperti sudah diketahui, di babak kualifikasi Indonesia akan menghadapi Thailand, Filipina, dan Korea Selatan di Grup A dalam kualifikasi yang berlangsung dengan sistem kandang-tandang. 

Pada pertandingan Window 1 bulan Februari 2020, Timnas Basket Indonesia akan menjalani 2 pertandingan kandang sekaligus. 

Pada 20 Februari 2020, Indonesia akan menghadapi Korea Selatan. Sedangkan pada 23 Februari Indonesia akan melawan Filipina. 

Satu bulan jelang babak Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021, kekuatan tim-tim yang tergabung di Grup A sudah mulai dapat dipantau. 

Namun, Korea Selatan sejauh ini belum mengumumkan daftar skuatnya untuk Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021, tetapi bukan berarti kekuatan Korea Selatan tak bisa ditebak. 

Berikut INDOSPORT sajikan bedah kekuatan calon lawan Indonesia di Grup A Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. 

Indonesia 

Kekuatan Timnas Basket Indonesia tentu saja sudah tergambar dari skuat Indonesia Patriots yang berlaga di Indonesian Basketball League 2020. Saat ini Indonesia Patriots berada di puncak klasemen sementara IBL 2020. 

Roster Indonesia Patriots terdiri dari Laurentius Steven Oei, Hardianus Lakudu, Andakara Prastawa, Vincent Rivaldi Kosasih, Mei Joni, Arki Dikania Wisnu, Abraham Damar Grahita, M.Hardian Wicaksono, Kaleb Ramot Gemilang, dan Kevin Yonas Sitorus. 

Dari 10 nama tersebut, beberapa diantaranya merupakan skuat Timnas Basket Indonesia yang bermain di beberapa turnamen tahun 2019 lalu seperti SEA Games, William Jones Cup, Elang Cup, dan melakukan pemusatan latihan di Serbia. 

Lalu ada dua kekuatan baru di Timnas Basket Indonesia dalam diri pemain naturalisasi Lester Prosper, dan juga pemain keturunan Indonesia-Amerika, Brandon Jawato. 

Skuat ini tentunya tak akan jauh berbeda dengan skuat yang akan bermain di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 bulan Februari 2020 mendatang. 

Filipina 

Filipina tentunya adalah musuh bebuyutan bagi Timnas Basket Indonesia dan sangat sulit untuk dikalahkan. Kemudian pada 10 Januari 2020 lalu, Filipina mengumumkan skuat sementara untuk Window 1 Kualifikasi FIBA Asia Cup 2020. 

Sebanyak 24 nama diumumkan untuk memperkuat Gilas, julukan Filipina. Dari 24 nama tersebut, tentunya ada beberapa nama yang familiar. 

Nama seperti Roger Ray Pogoy, Japeth Aguilar, hingga Matthew Wright, merupakan pemain-pemain yang membela Filipina di FIBA Asia Cup 2017 lalu. 

Satu nama lagi yang mencuri perhatian adalah Christian Stanhardinger. Pemain kelahiran Munich, Jerman, tersebut sudah menjadi bagian Gilas sejak tahun 2017. 

Pencinta basket Indonesia mungkin masih mengingat aksinya kala Indonesia melawan Filipina di SEA Games 2017 dan 2019. 

Pada SEA Games 2017, Standhardinger menyumbang 11 poin untuk Gilas yang menang 94-55 di final. Sedangkan di semifinal SEA Games 2019, Standhardinger meraih poin terbanyak untuk Filipina dengan 14 poin, Filipina menang 97-70. 

Beberapa pemain lain dari Filipina seperti Kiefer Isaac Ravena dan Jeth Troy Rosario juga bermain di SEA Games 2019 dan masuk dalam 24 nama yang sudah dirilis untuk Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. 

Korea Selatan 

Korea Selatan belum mengumumkan skuat resmi untuk Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. Namun bisa saja Korea Selatan menurunkan pemain-pemain yang tampil di FIBA World Cup 2019 lalu. 

Pemain-pemain yang usianya masih dibawah 30 tahun dan bermain di FIBA World Cup 2019 tentu berpeluang besar untuk kembali dipanggil ke Timnas Korea Selatan. 

Nama seperti Choi Jun-yong, Lee Dae-sung, Kang Sang-jae, hingga Jeong Hyo-geun bisa saja merupakan nama yang akan mengisi skuat Korea Selatan. 

Thailand 

Thailand sudah mengumumkan 15 nama pemain yang akan bertanding melawan Filipina dan Korea Selatan di Window 1 Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. 

Dari 15 nama yang ada, tentu yang paling mencuri perhatian adalah Tyler Lamb. Pebasket keturunan Amerika-Thailand ini sudah menjadi bagian Timnas Basket Thailand sejak SEA Games 2017. 

Pada SEA Games 2019 lalu, Tyler Lamb berhasil meraih medali perak bersama Thailand. Selain Tyler Lamb, pemain lain yang juga tampil di SEA Games 2019 adalah Nakorn Jaisanuk, Chanatip Jakrawan, Teerawat Chantachon, hingga Nattakarn Muangboon. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%