Catatan Emas Kobe Bryant dan Gelar Bergengsi yang Belum Pernah Dimenangkannya

Selasa, 28 Januari 2020 07:05 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Slam
Kobe Bryant meraih gelar juara NBA lima kali bersama LA Lakers. Copyright: © Slam
Kobe Bryant meraih gelar juara NBA lima kali bersama LA Lakers.

INDOSPORT.COM - Legenda basket dunia, Kobe Bryant, meninggal dunia pada Minggu (26/01/20) waktu Amerika Serikat. Ada satu gelar bergengsi yang belum pernah dimenangkan Kobe Bryant. 

Salah satu pebasket terbaik yang pernah dilahirkan oleh kompetisi NBA, Kobe Bryant, meninggal dunia pada Minggu (26/01/20) waktu Amerika Serikat atau Senin (27/01/20) waktu Indonesia. 

Kobe Bryant meninggal dalam sebuah kecelakaan helikopter di Calabasas, California, Amerika Serikat. Seluruh penumpang helikopter tersebut termasuk putri Kobe Bryant, Gianna Maria Onore menjadi korban meninggal. 

Kepergian mendadak legenda LA Lakers tersebut menimbulkan duka mendalam di berbagai belahan dunia. Tak hanya bagi pencinta basket, kepergian Kobe juga mengundang simpati dari cabang olahraga lain

Dua Presiden Amerika Serikat, Barack Obama dan Donald Trump, juga ikut menyampaikan bela sungkawa untuk keluarga Kobe Bryant. 

Semasa hidupnya, Kobe Bryant memang dikenal sebagai pribadi yang baik, ditambah lagi segudang prestasinya saat menjadi atlet basket, maka tak heran jika kepergiannya menjadi kesedihan yang mendalam. 

Selama berkarier sebagai pebasket, memang banyak prestasi yang ditorehkan oleh Kobe Bryant, namun ada satu gelar bergengsi yang belum sempat ia menangkan. 

Merajai NBA 

Kobe Bryant memulai kariernya di NBA pada tahun 1996 dan pensiun pada tahun 2016 lalu. Dalam 20 tahun kariernya tersebut, Kobe berhasil meraih 5 kali gelar juara NBA (2000, 2001, 2002, 2009, 2010). 

Selama 20 tahun berkarier, Kobe terpilih ke tim NBA All-Star sebanyak 18 kali. Sejumlah gelar individu mulai dari NBA Slam Dunk Contest 1997, hingga NBA MVP 2008 pernah diraihnya. 

Maka tak heran jika Kobe Bryant dinobatkan sebagai legenda NBA. 

Back to back Emas Olimpiade

Selain berprestasi di ajang NBA bersama Los Angeles Lakers, prestasi juga ditorehkan Kobe Bryant saat berseragam Timnas Basket Amerika Serikat atau The Dream Team. 

Kobe Bryant menjadi bagian Timnas Amerika Serikat saat meraih medali emas di Olimpiade 2008 Beijing. USA mengalahkan Spanyol pada pertandingan final dengan skor 118-107. 

Empat tahun berselang, Kobe Bryant kembali membela Timnas Amerika Serikat di Olimpiade 2012 London. Kembali bertemu Spanyol di final, Amerika membawa pulang medali emas usai menang 107-100. 

FIBA World Cup

Meski merajai NBA dan dua kali meraih medali emas Olimpiade, ada satu gelar bergengsi di dunia basket yang belum sempat dimenangkan oleh Kobe Bryant. 

Gelar tersebut adalah FIBA World Cup atau yang dulu bernama FIBA World Championship.

Kobe Bryant sejatinya sudah dipanggil membela The Dream Team sejak tahun 2000 untuk Olimpiade 2000 Sydney. Namun ia menolak panggilan Timnas karena ia akan menikah saat libur kompetisi NBA. 

Kobe juga memutuskan tak bermain di FIBA World Championship 2002. Empat tahun berselang, Kobe harus menjalani operasi lutus sehingga tak dapat tampil di FIBA World Championship 2006. 

Karier Kobe di The Dream Team baru dimulai tahun 2007 dan memenangkan gelar FIBA Americas Championship 2007 di Las Vegas, USA. 

Sayangnya usai memenangkan medali emas Olimpiade 2008 Beijing, Kobe masih tak tampil di FIBA World Championship 2010, padahal Amerika menjadi juara. 

Kobe pun sudah pensiun dari Timnas Basket Amerika Serikat usai memenangkan medali emas Olimpiade 2012 London, sehingga tak ambil bagian saat Amerika menjuarai FIBA World Championship 2014.