Apa Kabar Yao-ming? Raksasa China di NBA yang Sempat Jadi Simbol Meme

Kamis, 20 Februari 2020 19:58 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Lanjar Wiratri
© NBA
Legenda NBA, Yao Ming, dikenal juga sebagai raksasa China sekaligus bahan meme populer. Bagaimana kabarnya sekarang? Copyright: © NBA
Legenda NBA, Yao Ming, dikenal juga sebagai raksasa China sekaligus bahan meme populer. Bagaimana kabarnya sekarang?

INDOSPORT.COM - Siapa yang tidak kenal dengan Yao Ming? Raksasa asal China sekaligus legenda NBA ini masih sangat populer semenjak jadi simbol meme. Bagaimana kabarnya sekarang?

Yao Ming merupakan salah satu pebasket berbakat yang sempat mengharumkan benua Asia dalam kancah turnamen basket NBA. Lahir pada 12 September 1980, ia merupakan putra dari pasangan Zao Zhiyuan dan Fang Fengdi.

Sejak lahir Yao Ming darah pebasket rupanya sudah mengalir dalam nadinya, bagaimana tidak, kedua orang tuanya merupakan atlet basket profesional asal Negeri Tirai Bambu. Ketika lahir, dirinya sudah memiliki bobot 5 kg yang notebene dua kali lipat dibandingkan rata-rata bayi normal di China.

Ketika berusia 10 tahun tinggi Yao Ming sudah mencapai 1,65 meter dan doktor memprediksi sang calon bintang basket bakal memiliki tinggi hingga 2,21 meter. Melihat potensi besar dirinya pun direkrut untuk gabung tim junior Asosiasi Basket China (CBA), Shanghai Sharks.

Kariernya pun melejit ketika berusia 17 tahun usai menjuarai kompetisi CBA bersama Shanghai Sharks. Yao Ming langsung mencoba untuk meniti karier di NBA, dengan postur tubuh melebihi manusia normal itu, tentu banyak tim yang berminat mendapatkan jasanya.

Houston Rockets pun menjadi tim beruntung tempat persinggahan Yao Ming. Sang pebasket asal China ini pun sempat bersaing dengan legenda hebat Shaquille O'Neal dan sukses meraih Rookie of the Year 2003 sekaligus masuk tim NBA Allstar di tahun yang sama.  

Performa Yao Ming kian hebat hingga membuatnya selalu masuk sebagai NBA All Star delapan kali, dua kali All NBA Second Team, dan tiga kali All NBA Third Team. Tak hanya prestasi bersama Rockets, pebasket spesialis Center ini mampu membela Timnas basket China dalam kejuaraan Olimpiade.

Sayang karena mengalami cedera berkepanjangan, center andalan Rockets ini pun memutuskan untuk pensiun di usia 31 tahun. Yao Ming pun mendapat kehormatan dengan menjadi salah satu pebasket terbaik sepanjang sejarah tim basket asal Houston tersebut.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Yao Ming (@yao) pada

Seusai karier di NBA, Yao Ming sempat meraih gelar sarjana bidang ekonomi dan manajemen di Universitas Shanghai Jiao Tong. Dirinya pun langsung melebarkan sayap dengan membuka usaha minuman anggur bernama Yao Family Wines tahun 2016 silam dan masih bertahan hingga kini.

Meski tak lagi aktif di ranah lapangan basket, Yao Ming yang sudah berusia 39 tahun masih sangat populer hingga kini terutama sebagai tokoh guyonan. Foto ikonik legenda NBA yang sedang tertawa tersebut selalu menjadi bahan meme yang membawa kebahagiaan di seluruh dunia.