Indonesia Akan Bangun Stadion Mewah untuk Piala Dunia FIBA 2023

Kamis, 20 Februari 2020 12:24 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© fiba.basketball
Indonesia siap membangun stadion baru dan mewah untuk Kejuaran Dunia FIBA 2023. Copyright: © fiba.basketball
Indonesia siap membangun stadion baru dan mewah untuk Kejuaran Dunia FIBA 2023.

INDOSPORT.COM - Indonesia siap membangun stadion baru dan mewah untuk Piala Dunia FIBA 2023.

Rencananya Indonesia akan membangun stadion yang sesuai dengan standar FIBA. Sesuai dengan ketentuan FIBA, stadion dapat menampung penonton hingga 20.000 orang.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang berkunjung ke Kantor Presiden Jakarta, pada Selasa (18/02/2020) mengatakan bahwa Indonesia sedang bersiap untuk membangun stadion untuk Kejuaraan Dunia Bola Basket 2023.

"Kita harus membangun satu atau beberapa tempat sesuai dengan kriteria dari FIBA. Mereka mensyaratkan minimal ada 1 tempat yang bisa menampung penonton minimal 10.000 orang. Sekarang ini kita tidak punya," ujar Menpora Zainudin, dikutip dari Antara.

FIBA sendiri memang memberikan syarat kepada setiap negara yang akan menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Kejuaran Dunia FIBA, untuk memiliki stadion dengan kapasitas 8.000 penonton. Namun, Indonesia sendiri saat ini belum memiliki stadion dengan kapasitas sebanyak itu.

"Istora (Senayan) yang paling besar itu setelah dipotong paling hanya mampu menampung sekitar 5.000 orang," ujar Menpora.

Menpora Zainudin juga mengatakan, bahwa persiapan pembangunan stadion sudah dibicarakan antara Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), selaku yang bertanggung jawab atas pembangunan stadion tersebut.

Presiden Joko Widodo, sebelumnya sudah memberitahukan kepada para menteri dan pejabat dalam rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta. Untuk sesegera mungkin mempersiapkan pembangunan stadion sesuai dengan standar FIBA yang berlaku.

Penulis: Tesa Yohana