Kemenpora Minta Perbasi Tunda Kualifikasi FIBA Asia di Indonesia

Sabtu, 15 Februari 2020 16:36 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Isman Fadil
© FIBA
Logo FIBA Asia Cup 2021 di Indonesia. Copyright: © FIBA
Logo FIBA Asia Cup 2021 di Indonesia.

INDOSPORT.COM - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) meminta Perbasi untuk menunda kualifikasi FIBA Asia yang akan digelar di Indonesia sebagai bentuk antisipasi menyebarnya wabah virus Corona.

Kemenpora sudah mengirimkan surat langsung kepada Ketua Perbasi untuk menunda pelaksanaan kualifikasi FIBA Asia yang bakal digelar di Indonesia pada tanggal 20 dan 23 Februari melawan Korea Selatan dan Filipina.

Melalui surat tersebut, Kemenpora menyebutkan bahwa mereka sudah berkoordinasi kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) agar pelaksanaan kualifikasi FIBA Asia ini ditunda hingga menunggu konfirmasi lebih lanjut terkait aspek keamanan dan kesehatan.

Dalam surat bernomor 2.14.4/SET/II/2020 ada empat faktor yang menjadi sorotan alasan penundaan. Pertama yakni di Korea Selatan dan Filipina telah dilaporkan adanya kasus Novel Coronavirus (COVID-19).

Selanjutnya, masih belum banyak informasi yang diketahui terkait COVID-19, seperti mekanisme penularannya apakah melalui percikan batuk dan bersin (droplet) atau melalui udara (airbone).

Kemudian mengingat penularan saat ini masih terjadi dan di Indonesia belum ditemukan kasus konfirmasi COVID-19, maka atas dasar memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, Kemenkes menyarankan Kemenpora yang dilanjutkan ke Perbasi agar mempertimbangkan rencana kualifikasi FIBA Asia.

Sebelumnya, Timnas basket Indonesia sendiri dijadwalkan bakal melawan Korea Selatan pada 20 Februari 2020 dan Filipina 23 Februari 2020 di kualifikasi FIBA Asia, di Mahaka Arena, Kelapa Gading, Jakarta.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%