Masih 16 Tahun, Derrick Michael Catat Rekor Debut Termuda di Timnas Basket Indonesia

Jumat, 21 Februari 2020 08:48 WIB
Penulis: Abdurrahman Ranala | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Derrick Michael berhasil mencatatkan debutnya bersama Timnas Basket Indonesia Senior di usianya yang masih 16 tahun. Copyright: © Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Derrick Michael berhasil mencatatkan debutnya bersama Timnas Basket Indonesia Senior di usianya yang masih 16 tahun.

INDOSPORT. COM - Derrick Michael berhasil mencatatkan debutnya bersama Timnas Basket Indonesia Senior. Debut Derrick terjadi saat usianya masih 16 tahun. 

Laga Indonesia vs Korea Selatan yang merupakan pertandingan perdana Grup A Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021  berakhir pada Kamis (20/02/20). Korea Selatan berhasil memenangkan pertandingan yang berlangsung di Mahaka Arena, Kelapa Gading tersebut dengan skor 109-76.

Meski harus menderita kekalahan dalam pertandingan tersebut, Timnas Basket Indonesia berhasil membuat Korea Selatan kesulitan. Bahkan, Indonesia berhasil unggul 27-21 di kuarter pertama. 

Namun, Korea Selatan mampu bangkit di dua kuarter berikutnya dan kemudian mengakhiri pertandingan dengan kemenangan yang cukup telak

Terlepas dari kekalahan tersebut, suporter Indonesia tetap mengapresiasi perjuangan Timnas. Setidaknya ada dua pemain yang mendapat tepuk tangan meriah dari penonton di Mahaka Arena. 

Pemain pertama adalah Abraham Damar Grahita yang berhasil menyumbangkan 25 poin dan 4 assist bagi Timnas Basket Indonesia. Sedangkan pemain kedua yang disambut meriah adalah Derrick Michael. 

Sambutan meriah diberikan oleh penonton jelang kuarter keempat berakhir saat tiba-tiba Derrick Michael dipersiapkan untuk masuk ke lapangan. 

Derrick Michael, yang usianya belum genap 17 tahun, diberikan kesempatan oleh pelatih Rajko Toroman untuk bermain di pertandingan resmi bersama Timnas Senior. Derrick pun menjadi pemain termuda yang menjalani debut bersama Timnas Basket Indonesia. 

Derrick sendiri dimasukkan ke lapangan saat pertandingan di kuarter keempat tinggal menyisakan 2 menit lagi. Meski hanya bermain selama 2 menit, Derrick  berhasil menyumbangkan 2 rebound bagi Timnas Basket Indonesia. 

Derrick sendiri sebelumnya membela Indonesia di ASEAN School Games dan mengikuti pemusatan latihan Timnas jelang SEA Games 2019 meski tak dibawa ke Filipina.

Dipanggilnya Derrick Michael ke dalam skuat Timnas Basket Indonesia di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 adalah untuk menggantikan posisi Lester Prosper yang proses naturalisasinya belum selesai. 

Hadirnya Derrick dalam pertandingan juga terlihat signifikan mengingat tingginya yang mencapai 2 meter. Bersama Vincent Rivaldi Kosasih, Derrick Michael mampu mengimbangi tinggi badan pemain-pemain Korea Selatan. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%