Profil Abraham Damar Grahita, Pemain Bintang yang Dicoret dari Timnas Basket Indonesia

Sabtu, 22 Februari 2020 18:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Profil Abraham Damar Grahita, pemain bintang dari Stapac Jakarta yang dipecat dari Timnas Basket Indonesia pada Kamis (20/02/20) lalu. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Profil Abraham Damar Grahita, pemain bintang dari Stapac Jakarta yang dipecat dari Timnas Basket Indonesia pada Kamis (20/02/20) lalu.

INDOSPORT.COM – Berikut ini merupakan profil pemain basket andalan Indonesia, Abraham Damar Grahita yang akhirnya dicoret dari Timnas karena attitude yang buruk di depan awak media.

Bertanding melawan Timnas Basket Korea Selatan di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021, Kamis (20/02/20) di Mahaka Arena, Kelapa Gading, Timnas Indonesia harus takluk dengan skor 76-109.

Meski takluk dari lawan, namun sebagai salah satu pemain terbaik dan kapten Timnas Basket Indonesia, Abraham Damar Grahita alias Bram diundang untuk menghadiri konferensi pers paska pertandingan bersama sang pelatih, Rajko Toroman.

Sayangnya, dalam konferensi pers itu, Abraham Damar menunjukkan gestur tak etis kala sang pelatih berbicara, bahkan membenamkan wajahnya di meja seolah tak ingin menatap awak media.

Alhasil, gerak-gerik Bram yang tak terpuji itu pun menjadi kritikan di laman media sosial, hingga membuatnya harus dicoret dari Timnas Basket Indonesia untuk waktu yang tidak ditentukan, seperti yang disampaikan oleh manajemen timnas dan PP Perbasi.

Pencoretan ini tentu merupakan pukulan telak bagi Abraham Damar, sebagai salah satu combo guard terbaik yang dimiliki Indonesia.

Abraham Damar Grahita adalah pebasket kelahiran Pangkal Pinang, 8 Oktober 1995, dan saat ini memperkuat tim Stapac Jakarta di kompetisi Indonesia Basketball League (IBL). Sebelumnya, ia sempat meniti karir di Stadium Jakarta pada tahun 2015-2016 lalu.

Salah satu prestasi terbaik Abraham Damar adalah saat menjadi IBL Most Improved Player 2017 dan IBL Sixthman of the Year 2019. Ia juga menjadi sosok penting saat membawa Stapac Jakarta menjuarai kompetisi IBL musim 2019.

Selain di level klub, Bram juga mengantarkan Indonesia meraih medali emas di ajang SEABA Championship 2018, medali perak di SEA Games 2017 Malaysia, hingga menjadi andalan tim Merah Putih di Asian Games 2018 lalu.

Kerja keras dan pencapaian Abraham Damar di usia muda, membuatnya mendapat kehormatan untuk menjadi pebasket Indonesia pertama yang memiliki signature shoes sendiri, yakni AD 1 dari DBL Indonesia dan Ardiles.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%