Hasil Pertandingan Basket Indonesia vs Filipina: Telan Kekalahan Kedua

Minggu, 23 Februari 2020 19:55 WIB
Penulis: Abdurrahman Ranala | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Indonesia menghadapi Filipina pada laga kedua Grup A Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021, Minggu (23/02/20). Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Indonesia menghadapi Filipina pada laga kedua Grup A Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021, Minggu (23/02/20).

INDOSPORT.COM - Indonesia menghadapi Filipina pada laga kedua Grup A Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021, Minggu (23/02/20). Berikut hasil pertandingan antara Timnas Basket Indonesia vs Filipina

Window 1 babak Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 masih terus berlanjut, Minggu (23/02/20). Salah satu pertandingan yang berlangsung adalah Indonesia vs Filipina.

Pertandingan antara Indonesia vs Filipina berlangsung di Mahaka Arena, Kelapa Gading. Tuan rumah Indonesia pada pertandingan perdana Grup A harus mengakui kekalahan dari Korea Selatan dengan skor 76-109. 

Sementara itu, Filipina baru menjalani laga pertamanya hari ini di Grup A Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021, karena pertandingan Filipina vs Thailand yang seharusnya berlangsung pada Kamis (20/02/20), ditunda karena wabah virus Corona. 

Filipina tentu lebih diuntungkan dengan ditundanya laga tersebut karena punya waktu istirahat dan persiapan yang lebih banyak daripada Indonesia. 

Indonesia sendiri menurunkan Kaleb Ramot Gemilang, Andakara Prastawa, Abraham Damar Grahita, Kevin Yonas Sitorus, dan Vincent Rivaldi Kosasih sebagai starting five. Starter yang sama dengan pertandingan Indonesia vs Korea Selatan. 

Berikut hasil pertandingan antara Timnas Basket Indonesia vs Filipina. 

Paruh Pertama

Filipina yang memenangkan tip off langsung menggempur pertahanan Indonesia, namun tembakan tiga angka yang dilepaskan hanya menyentuh ring saja. Meski begitu pada serangan berikutnya, Filipina berhasil unggul 3-0 lebih dulu. 

Indonesia akhirnya mampu menyamakan kedudukan menjadi 3-3 lewat tembakan tiga angka Andakara Prastawa setelah beberapa serangan kedua tim gagal membuahkan poin. 

Kedua tim mulai mengganti sejumlah pemainnya, saat pertandingan menyisakan 1 menit 15 detik lagi, Filipina sementara unggul 16-12 atas Indonesia. Kuarter pertama berakhir dengan skor 18-15 masih untuk keunggulan Filipina. 

Meski unggul, di kuarter kedua Filipina memakai strategi yang hampir sama dengan Korea Selatan dengan melancarkan full court pressing. Hasilnya, beberapa kali Filipina berhasil melakukan steal dan unggul 27-17. 

Saat kuarter kedua menyisakan dua menit, Abraham Damar bisa memperkecil ketertinggalan Indonesia menjadi 21-35 berkat dua tembakan bebas yang ia sarangkan. 

Filipina gagal menambah perolehan poin karena rapatnya pertahanan Indonesia, sedangkan Indonesia berhasil menyusul skor sedikit demi sedikit menjadi 27-35. 

Kuarter kedua pun ditutup dengan skor 28-37, Indonesia kini sudah tak tertinggal dengan dua digit poin lagi dan masih banyak waktu di paruh kedua untuk membalikkan keadaan. 

Paruh Kedua

Filipina memulai jalannya kuarter ketiga namun serangan yang mereka bangun gagal membuahkan hasil, sebaliknya Indonesia berhasil menciptakan 3 poin sehingga skor menjadi 31-37. 

Filipina mendapatkan masalah karena sudah melakukan foul sebanyak 5 kali, Indonesia pun memanfaatkan free throw untuk memperkecil ketinggalan hingga skor menjadi 43-50 saat pertandingan menyisakan 4 menit di kuarter ketiga. 

Offensive rebound dan tembakan dari Vincent Rivaldi Kosasih membuat skor menjadi semakin tipis 45-51. Indonesia yang semakin mendekat dengan skor 51-55 memaksa Filipina untuk meminta time out pertama di kuarter ketiga. 

Sayangnya, usai time out Filipina berhasil mencetak banyak poin dan Indonesia hanya menambah dua poin saja sehingga kuarter ketiga berakhir dengan skor 67-53 untuk keunggulan Filipina. 

Indonesia mengambil time out cepat di kuarter keempat saat pertandingan belum genap berjalan satu menit. Kedudukan sementara Indonesia masih tertinggal cukup jauh dengan skor 53-71. 

Filipina semakin menjauh di pertengahan kuarter keempat dengan skor 81-60. Indonesia masih kesulitan untuk menambah poin, apalagi center Indonesia Vincent Rivaldi Kosasih mengalami cedera. 

Tim tamu Filipina semakin di atas angin setelah unggul 88-60 membuat coach Rajko Toroman meminta time out untuk Indonesia. Usai time out, Indonesia berhasil mencetak poin dan skor menjadi 62-88. 

Dengan sisa waktu kurang dari dua menit, Indonesia masih tertinggal 67-96 dan sangat sulit untuk meraih kemenangan. Indonesia pun akhirnya menelan kekalahan kedua dengan skor 70-100. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
100%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%