Apa Kabar Xaverius Prawiro? Legenda Stapac, Stephen Curry-nya Indonesia

Minggu, 8 Maret 2020 18:20 WIB
Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Nama Xaverius Prawiro pastinya sudah tidak asing lagi di telinga pencinta basket Indonesia.

Pebasket yang terakhir kali bermain untuk Pelita Jaya Jakarta itu memutuskan untuk kembali gantung sepatu kedua kalinya pada akhir musim 2018-2019 kemarin.

Sebelumnya, pemain yang akrab dipanggil Iyus ini juga sempat pensiun di tahun 2015 bersama salah satu tim raksasa IBL Indonesia, Stapac Jakarta (dulu bernama Aspac).

Namun dua tahun setelahnya atau tepatnya di tahun 2017 ia kembali lagi bermain tetapi dengan seragam Pelita Jaya Jakarta.

Bermain sebagai point guard, tentunya Iyus sudah terbiasa untuk mengatur jalannya serangan permainan tim dan tak jarang juga ia memiliki operan maupun tembakan yang akurat.

Ya, Xaverius Prawiro dikenal sebagai salah satu penembak jitu di Tanah Air. Lemparan jarak jauhnya atau three point yang ia lakukan saat sedang pertandingan bisa dikatakan hampir selalu masuk atau minimal mengarah ke ring.

© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Xaverius Prawiro (kiri) sedang menguasai bola. Copyright: INDOSPORT/Herry IbrahimXaverius Prawiro (kiri) saat masih aktif bermain.

Xaverius juga kadang disebut-sebut Stephen Curry-nya Indonesia karena memiliki gaya permainan yang nyaris serupa.

Wajar, Xaverius Prawiro juga mengaku jika pebasket NBA favoritnya adalah sang megabintang Golden State Warriors, Stephen Curry.

Setelah pensiun pada tahun 2019 kemarin, Iyus tidak terjun ke dalam dunia pelatih tim basket IBL seperti banyak yang dilakukan oleh rekan seangkatannya atau para seniornya.

Xaverius lebih memilih untuk menjadi salah satu pelatih di tim basket akademi XJ Masterclass, di mana ia bertekad untuk mengajarkan kepada bibit-bibit muda pebasket Tanah Air dengan pengalaman yang ia miliki.

Tak hanya menjadi pelatih di akademi XJ Masterclass, Xaverius Prawiro juga menjadi guru olahraga di salah satu sekolah swasta Jakarta.

Saat masih aktif sebagai pemain, Xaverius Prawiro pernah tiga kali menjadi juara di kompetisi basket tertinggi Tanah Air saat masih berseragam Aspac Jakarta, yaitu di tahun 2005, 2013, dan 2014.