Apa Kabar Muggsy Bogues, Eks Pebasket Terpendek NBA Legenda Charlotte Hornets

Kamis, 2 April 2020 17:17 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Tyrone Curtis 'Muggsy' Bogues pasti tak asing bagi pecinta NBA. Bogues adalah legenda Charlotte Hornets yang dikenal sebagai pebasket terpendek di NBA. Copyright: © Instagram@therealmuggsy
Tyrone Curtis 'Muggsy' Bogues pasti tak asing bagi pecinta NBA. Bogues adalah legenda Charlotte Hornets yang dikenal sebagai pebasket terpendek di NBA.

INDOSPORT.COM - Tyrone Curtis 'Muggsy' Bogues pasti tak asing bagi pecinta NBA. Bogues adalah legenda Charlotte Hornets yang dikenal sebagai pebasket terpendek di NBA.

Muggsy Bogues lahir di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat pada 9 Januari 1965. Sebagai pemain basket, Bogues terkenal dengan postur di bawah rata-rata ketimbang pemain lain di NBA.

Bertinggi 5 foot 3 inch atau 160 cm, banyak orang meragukan Bogues yang memulai karier di NBA pada 1987 ketika menjadi pilihan ke-12 secara keseuluran oleh Washington Bullets.

Pada tahun rookie di NBA, Bogues adalah rekan satu tim Manute Bol, salah satu pemain yang tertinggi pada masa itu. Berkat hal itu, pasangan Bol dan Bogues pun terkenal karena keduanya memiliki jarak tinggi 71 cm.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Muggsy Bogues (@therealmuggsy) on

Sayangnya, Bogues hanya bermain satu tahun di Washington Bullets dan ia hijrah ke Charlotte Hornets. Nah, bersama Hornets ini nama Bogues semakin menanjak dan dikenal.

Meski dinilai postur tubuh pendeknya menjadi kelemahan Bogues, ia bisa mengubah hal itu dan memanfaatkannya menjadi senjata andalan. Dengan postur tubuh yang pendek, Bogues dikenal sebagai pemain tercepat di lapangan.

Selain itu, Bogues juga memiliki umpan yang hebat. Dalam urusan mencuri bola, Bogues juga bisa dibilang sebaai ahlinya. Bahkan yang mengejutkan Bogues pernah memblok tembakan pemain yang memiliki tinggi 213 cm, yakni Patrick Ewing.

Hal itu karena meski bertubuh pendek, Bogues sendiri memiliki lompatan vertikal yang luar biasa. Dari laporan yang ada lompatan vertikal Bogues mencapai 110 cm.

Bogues sendiri bermain selama 10 tahun untuk Hornets, tapi sayangnya ia kemudian di trade ke Golden State Warriors. Bersama Warriors, performa Bogues sudah menurun dan ia akhirnya dibiarkan menjadi free agent.

Beruntung, Toronto Raptors mau mengontrak Bogues dan akhirnya ia pensiun di sana pada 2001. Sejatinya, Bogues sendiri sempat ke New York Knicks dan Dallas Mavericks, tapi ia tak pernah main di dua klub tersebut.

Usai pensiun dari NBA, Bogues sempat lepas dari dunia basket. Ia bekerja di bisnis real estate hingga tahun 2005. Akan tetapi, kecintaan Bogues pada basket belum pudar. Nyatanya, pria yang saat ini berusia 55 tahun tersebut pernah melatih tim WNBA, Charlotte Sting dan klub basket sebuah SMA, United Christian Faith Academy.

Pada 2014, Bogues sendiri akhirnya diangkat sebagai duta atau brand ambassador bagi mantan klubnya, Charlotte Hornets. Hal itu sempat membuat Bogues mengunjungi Indonesia pada 2018 silam.

Selain itu, Muggsy Bogues juga menulis sebuah buku anak-anak berjudul A Raptor Tale. Buku itu berisi cerita Raptors bisa menjuarai NBA pada 2019 lalu. Menariknya hasil penjualan buku ini akan ditujukan untuk yayasan yang memperdayakan program untuk anak muda melalui olahraga, yakni MLSE Toronto.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Muggsy Bogues (@therealmuggsy) on

Sementara itu, sepanjang kariernya di NBA, Muggsy Bogues tercatat telah membukukan total 6.858 poin, 6.726 assists, dan 1.369 steal.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
100%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%