On This Day: 60 Poin Tandai Akhir Karier Kobe Bryant di NBA

Senin, 13 April 2020 23:03 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Yohanes Ishak
© Wallpaper Cave
Legenda LA Lakers, Kobe Bryant meninggal akibat kecelakaan helikopter. Copyright: © Wallpaper Cave
Legenda LA Lakers, Kobe Bryant meninggal akibat kecelakaan helikopter.

INDOSPORT.COM - Tepat empat tahun lalu, 13 April 2016 waktu Amerika Serikat, menjadi momen yang tidak diinginkan oleh kebanyakan fans LA Lakers. Pasalnya, hari itu megabintang Lakers, Kobe Bryant menjalani laga terakhirnya di NBA.

Kobe Bryant dan LA Lakers tak bisa dipisahkan. Selama 20 tahun berkarier di NBA, Bryant hanya setia bermain untuk tim yang dikenal dengan corak ungu emas tersebut.

LA Lakers sejatinya bukan tim yang memilih Bryant pada NBA Draft 1996, melainkan Charlotte Hornets. Namun, Lakers berusaha keras untuk mendapatkan Bryant karena bakat terpendamnya.

Bahkan demi mendapatkan Kobe Bryant dari Hornets, Lakers harus merelakan center andalannya, Vlade Divac. Berjodoh, Bryant pun akhirnya menjadi milik Lakers.

Sejak saat itu, Lakers dan Bryant menjalani banyak kesuksesan. Kobe berhasil mempersembahkan lima cincin NBA. Bahkan, Lakers juga pernah merasakan tiga kali juara beruntun pada 2000-2002.

Nah, jika ada pertemuan, pastinya ada perpisahan. Hal itu yang harus dirasakan Lakers pada 13 April 2016 silam. Mereka harus kehilangan pemain yang sangat besar dan telah membawa kesuksesan tim.

Pertandingan terakhir Kobe Bryant menyedot banyak pertahian dunia. Kala itu, Lakers harus melawan Utah Jazz di Staples Center, Los Angeles. Dalam laga tersebut, Bryant pun berhasil membawa timnya meraih kemenangan 101-96.

© Christian Petersen/GettyImages
Legenda LA Lakers, Kobe Bryant meninggal akibat kecelakaan helikopter. Copyright: Christian Petersen/GettyImagesLegenda LA Lakers, Kobe Bryant meninggal akibat kecelakaan helikopter.

Pada saat itu, Bryant yang sudah berusia 37 tahun tampil menggila dan masih diandalkan. Bukti nyatanya, Kobe Bryant berhasil mencetak 60 poin di pertandingan terakhirnya di NBA.

Dalam laga itu, Lakers sendiri hampir kalah karena tertinggal 14 poin di kuarter pertama. Akan tetapi, Bryant tak mau pertandingan terakhirnya berakhir pahit.

Alhasil, di kuarter keempat Bryant mencetak 23 poin, salah satunya ketika membawa Lakers unggul 97-96 saat pertandingan menyisakan 31,6 detik. Tak berhenti di situ, Bryant akhirnya menambahkan poin lewat free throw dan akhirnya Lakers meraih kemenangan di laga terakhir Black Mamba.

Usai laga berakhir, Bryant kemudian memberikan sebuah pidato yang terkenal, yaitu 'Mamba out'. Ia kemudian mengucapkan rasa terima kasih kepada rekan satu tim, penggemar, keluarga serta Lakers. Bryant menutup kariernya di NBA dengan raihan 33.643 poin, 7.047 rebound, dan 6.306 assists.

Sementara itu, sayangnya Kobe Bryant tertimpa insiden buruk di akhir Januari lalu. Ia mengalamai kecelakaan pesawat dan meninggal dunia di usia 41 tahun. Nah, berkat performa hebatnya saat masih aktif berkarier di NBA, Kobe Bryant baru-baru ini masuk sebagai Hall of Fame 2020 bersama Tim Duncan dan Kevin Garnett.