Andakara Prastawa Bagi-bagi Tips Sehat Jalani Puasa Ramadan

Sabtu, 25 April 2020 14:46 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Point Guard Indonesia Patriots, Andakara Prastawa, memiliki tips tersendiri untuk menjaga kondisi fisiknya selama bulan Ramadan tahun ini

Pemerintah telah menetapkan 1 Ramadhan melalui Kementrian Agama yang jatuh pada tanggal 24 April 2020. Bulan ini merupakan bulan berkah bagi seluruh umat muslim di Indonesia dan dunia walaupun agak berbeda dari tahun sebelumnya karena wabah virus corona yang mengancam di Indonesia dan dunia.

Bulan Ramadhan ini sebagai momentum bagi seluruh umat muslim tak terkecuali para pemain Indonesia Basketball League (IBL) yang beragama islam, salah satunya adalah Andakara Prastawa. Pebasket berusia 27 tahun itu menyarankan agar banyak mengonsumsi air putih.

Tidak makan dan minum selama lebih dari 12 jam tentu menjadikan tubuh akan terasa menjadi lemas. Hal itu bisa berdampak bagi mereka yang menjalani rutinitas padat seperti para atlet khususnya yang harus selalu menjaga kebugaran tubuhnya.

Sebagai atlet, Prastawa tetap harus menjaga kondisi fisik selama Ramadan, meski kompetisi dan latihan Indonesia Patriots tengah libur karena akibat dari pandemi virus corona yang menyerang Indonesia.

“Konsumsi air putih yang banyak ketika sahur dan berbuka itu jadi kuncinya. Karena kalau latihan dan beraktifitas seharian pasti mengeluarkan cairan tubuh yang banyak, gantinya dengan minum air putih," ujar Prastawa.

“Selebihnya tidak ada. Semua berjalan normal saja, paling konsumsi vitamin juga jangan sampai lupa untuk menjaga kondisi tubuh," tambahnya.

Perihal latihan, Prastawa tidak terganggu meski tengah menjalani puasa. Biasanya, Prastawa melakukan latihan di sore hari.

“Latihan juga selalu di sore hari. Jadi tidak menggangu puasa, pelatih juga tau dengan kondisi kami, sehingga porsinya juga harus disesuaikan," tutup Prastawa.

Perlu diketahui, Prastawa dan para pemain IBL saat ini masih diliburkan lantaran adanya wabah virus corona. Kompetisi sendiri diprediksi bisa lanjut pada Juli atau Juni 2020 mendatang.

Penulis : Hafiz Rizky Pratama