Apa Kabar Bill Russell? Peraih Cincin Juara Terbanyak NBA

Sabtu, 2 Mei 2020 13:33 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Yohanes Ishak
© Bettman/GettyImages
Bill Russell (kanan), legenda NBA milik Boston Celtics saat masih aktif bermain mahir dalam duel udara saat ingin memasukkan bola. Copyright: © Bettman/GettyImages
Bill Russell (kanan), legenda NBA milik Boston Celtics saat masih aktif bermain mahir dalam duel udara saat ingin memasukkan bola.

INDOSPORT.COM - Apa kabar Bill Russell, legenda milik Boston Celtics dengan koleksi cincin juara terbanyak sepanjang sejarah di NBA.

William Felto Russell atau yang dikenal dengan Bill Russell adalah eks pebasket NBA yang memiliki kesuksesan besar. Russell awalnya adalah seorang pelari dan jumper, tapi karena memiliki tangan yang besar ia pun akhirnya diminta mengembangkan permainan bola basket oleh pelatih sekolanya.

Adalah George Powles yang melihat potensi dalam diri Russell. Hingga akhirnya ia pun sangat senang dengan perlakukan sang pelatih. Alhasil Russell pun tumbuh sebagai pemain berbakat dan berprestasi sejak di tim universitas.

Pada tahun 1956 Russell mengikuti NBA Draft dan menjadi pilihan kedua oleh St.Louis Hawks. Meski demikian Boston Celtics akhirnya berhasil mengakuisisinya.

Keputusan Celtics untuk merekrut Russell pun berbuah manis. Russell dikenal dengan pertahanan yang solid serta kuat dalam penjagaan man to man menjadikan Celtics meraih kesuksesan besar.

Nyatanya dalam 13 berkarier di NBA, Russell sukses mempersembahkan 11 gelar juara untuk Celtics. Berkat torehannya yang luar biasa itu, Russell menjadi pemain yang mengumpulkan cincin juara terbanyak di NBA.

Selain itu, Russell juga mempunyai segudang prestasi individu. Ia memenangkan lima kali MVP NBA. Russell juga jago dalam rebound dan membuktikan diri meraih empat kali juara rebound NBA sebanyak empat kali.

Pada 1966 pelatih Celtics, Red Auerbach ternyata mengosongkan kursi kepelatihan. Hingga akhirnya Bill Russell naik menjabat kepala pelatih profesional berkulit hitam pertama di NBA.

© Leon Bennett/GettyImages
Bill Russell, legenda NBA milik Boston Celtics Copyright: Leon Bennett/GettyImagesBill Russell, legenda NBA milik Boston Celtics

Di tiga musim terakhir bersama Celtics, Russell tidak hanya menjadi pelatih, ia juga ikut bermain. Dua di antara 11 cincin juara Russell diraihnya ketika ia aktif bermain dan melatih.

Usai berhasil meraih kesuksesan meraih 11 kali juara NBA, Russell memilih untuk pensiun. Setelah pensiun, ia sempat menukangi Seattle SuperSonic dan Sacramento Kings.

Nah, Russell yang tumbuh besar dengan rasisme di Amerika membuatnya selalu berjuang untuk menyuarakan kesetaraan. Dengan media basket, Russell yang sudah membangun namanya itu sering bersuara untuk keadilan orang kulit hitam dan memperjuangkan toleransi.

Sampai saat ini, lewat akun Instagramnya, Russell masih menjadi aktivis hak sipil. Ia juga adalah Co-Founder MENTOR Nasional. Russell juga masih sering melihat pertandingan NBA.

Russell juga merupakan orang dengan toleransi yang tinggi. Nyatanya, Russell yang seumur hidupnya membela Celtics, berani untuk menggunakan jersey LA Lakers yang merupakan musuh bebuyutan mereka.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Bill Russell (@realbillrussell) on

Alasan Russell menggunakan jersey Lakers dengan nomor 24 karena ia ingin memberikan penghormatan terakhir untuk Kobe Bryant yang meninggal karena kecelakaan helikopter.

Sementara itu, selama berkarier di NBA bersama Boston Celtics, Bill Russell total sudah membukukan torehan 14.522 poin, 21.620 rebound, dan 4.100 assists.