Apa Kabar Gary Payton? Legenda Guard NBA Paling Lengkap

Rabu, 13 Mei 2020 13:03 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Yohanes Ishak
© Will Newton/Getty Images
Gary Payton, salah satu legenda NBA yang pernah bermain di Miami Heat. Copyright: © Will Newton/Getty Images
Gary Payton, salah satu legenda NBA yang pernah bermain di Miami Heat.

INDOSPORT.COM - Sebagai salah satu poin guard terbaik di NBA, nama Gary Payton sempat besar pada masanya. Bagaimana kabar legenda berjulukan The Glove saat ini?

Pada tanggal 23 Juli 1968, Payton lahir di wilayah Oakland, California. Ketika geluti basket semasa SMA, dirinya sempat bermain dengan salah satu legenda NBA lain yakni Greg Foster.

Melanjutkan kuliah di Universitas Negeri Oregon, Payton mampu membuat karier gemilang selama empat tahun dalam olahraga basket. Berbagai torehan rekor pun lantas buat dirinya masuk draft pilihan Seattle SuperSonics pada 1990.

Beralih ke Sonics kariernya di NBA mengalami pasang surut setelah timnya sempat beberapa kali gagal meringsek ke playoffs final. Beruntung berkat kerja kerasnya bersama forward, Shawn Kemp, klub asal Seattle itu sukses punya rekor 63-19 dan sukses raih NBA Defensive Player of the Year.

Disinilah awal mula Payton punya julukan sebagai ahlinya bidang pertahanan, terbukti lewat kegesitannya dan lob pass kearah Kemp membuatnya jadi duet maut. Dirinya bahkan menjadi satu-satunya lawan sepadan Michael Jordan selaku andalan Chicago Bulls sebelum akhirnya Sonics kalah tragis di NBA Finals 1996.

Sayang setelah membuat Jordan bersama Bulls geleng-geleng kepala, Payton harus menerima kenyataan ditinggal tandem idealnya. Kemp putuskan untuk hengkang setahun kemudian meninggalkan Sonics karena masalah kontrak.

Beberapa tahun kemudian tepatnya 2003, Payton pindah ke Miwaukee Bucks dan sempat mencetak 18,5 poin dan 8,7 assists. Sayang dirinya saat itu hanya bertahan selama kurang dari setahun hingga resmi berpindah ke LA Lakers pada tahun yang sama.

Ketika Shaquille O'Neal dan Kobe Bryant absen, Payton mampu gantikan mereka dengan pola permainan ofensif, pada tahun 2004 LA Lakers pun sempat cicipi NBA Finals. Setelah itu dirinya sempat main di Boston Celtics dan terakhir Miami Heat.

Bersama Dwayne Wade dan O'Neal, pada akhirnya Payton sukses membuat Heat menangkan gelar NBA 2006 silam. Kurun waktu setahun kemudian, The Glove lantas mantab untuk pensiun ketika tepat menginjak nyaris kepala empat.

Setalah berhenti, Payton diketahui sempat menjadi analisis NBA TV dan membintangi beberapa film. Sempat besar karena Sonics, dirinya juga tak malu-malu memberikan sumbangan untuk tim basket Seattle.

Selain itu Payton diketahui juga memiliki seorang anak bernama Gary Payton II. Mengisi posisi serupa sang ayah, pebasket berjulukan The Mitten ini berlaga bersama Washington Wizards di NBA.