Film Pendek: Kisah Kembalinya Michael Jordan Pasca Pensiun dari NBA

Senin, 25 Mei 2020 17:02 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© All Sport/GettyImages
Michael Jordan saat kembali bermain untuk Chicago Bulls pasca pensiun. Copyright: © All Sport/GettyImages
Michael Jordan saat kembali bermain untuk Chicago Bulls pasca pensiun.

INDOSPORT.COM – Legenda basket NBA milik Chicago Bulls, Michael Jordan memang selalu banyak sisi menarik untuk diceritakan.

Setelah beberapa minggu terakhir dirinya kembali mencuat di dunia basket karena film dokumenternya berjudul The Last Dance merebak, kini banyak pula sejumlah fakta menarik atau sisi lain yang bisa diangkat dari cerita kehidupan sang legenda.

Peraih lima gelar individu pernah menghebohkan dunia olahraga ketika memutuskan untuk pensiun usai berakhirnya musim 1992-1993.

Situasi itu jelas membuat pencinta basket, terutama fans dari Chicago Bulls merasa kehilangan sosok idola mereka di atas lapangan.

Menariknya, setelah pensiun Jordan tak seperti pebasket pada umumnya yang pensiun, yaitu menjadi pelatih atau pengamat pertandingan basket, di musim 1993-1994 dirinya bergabung dengan salah satu olahraga terfavorit di Amerika Serikat (AS), yakni bisbol atau Major League Baseball (MLB) dan bergabung dengan tim Chicago White Sox.

Namun sepertinya Michael Jordan tak menemukan kesenangan layaknya dirinya bermain basket saat ia sedang berperan sebagai pemain bisbol. Sehingga ia berkecimpung di kompetisi MLB hanya satu musim saja.

© MLB Photos/GettyImages
Legenda Basket NBA milik Chicago Bulls, Michael Jordan saat bermain di MLB. Copyright: MLB Photos/GettyImagesLegenda Basket NBA milik Chicago Bulls, Michael Jordan saat bermain di MLB.

Pada 1 November 1994, mantan timnya di NBA, Chicago Bulls memberikan penghargaan kepadanya yaitu dengan memensiunkan nomor punggung 23 yang sering ia gunakan, serta didirikan patung yang dipajang di luar markas Bulls, United Center.

Siapa yang sangka jika aksi yang dilakukan oleh Bulls membuatnya kembali tergerak untuk bermain basket lagi dan benar saja, pada musim 1994-1995, Michael Jordan masuk dalam roster Chicago Bulls.

Kala itu, ia kembali menghebohkan dunia basket dengan dua kata “Saya Kembali”. Namun saat ia bermain untuk Bulls, Michael Jordan tidak menggunakan nomor 23 karena memang sudah dipensiunkan oleh tim sehingga ia memilih nomor punggung 45, nomor yang ia pakai saat bermain di MLB.

Michael Jordan kembali bermain untuk Chicago Bulls saat melawan Indiana Pacers dan saat itu juga seluruh tribun penonton ramai-ramai berteriak “MJ... MJ... MJ...”

Meski pertandingan pertamanya pasca pensiun Michael Jordan mencetak 19 points, enam rebounds dan enam assists, dirinya gagal memberikan kemenangan untuk Bulls karena kalah dari Pacers dengan skor 96-103 di babak overtime.

Sekedar mengingatkan kembali atau informasi bagi yang belum tahu, inilah cerita pendek dari kembalinya Michael Jordan pasca pensiun:

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%