Ketok Palu, Ini Dia Format Baru NBA 2019-2020

Jumat, 5 Juni 2020 10:41 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© The Fine Line
Dewan gubernur NBA akhirnya menyetujui format baru NBA untuk melanjutkan gelaran kompetisi musim 2019/2020 yang sempat terhenti akibat pandemi corona. Copyright: © The Fine Line
Dewan gubernur NBA akhirnya menyetujui format baru NBA untuk melanjutkan gelaran kompetisi musim 2019/2020 yang sempat terhenti akibat pandemi corona.

INDOSPORT.COM – Dewan gubernur NBA akhirnya menyetujui format baru NBA untuk melanjutkan gelaran kompetisi musim 2019/2020 yang sempat terhenti akibat pandemi corona.

Kompetisi bola basket terakbar dunia, NBA, menjadi salah satu korban pandemi corona yang menyerang dunia. Setelah bintang Utah Jazz, Rudy Gobert, diketahui positif terjangkit virus tersebut, kompetisi pun dihentikan hingga saat ini.

Setelah sempat muncul sejumlah pertanyaan tentang nasib sisa gelaran NBA musim ini, kabar baik pun akhirnya datang.

Kamis (04/06/20) waktu setempat, dewan gubernur NBA akhirnya menyetujui format baru untuk melanjutkan kompetisi NBA musim ini. Dalam format ini, sisa kompetisi hanya akan diikuti oleh 22 klub dari 30 klub yang ada.

Keputusan itu diraih setelah hasil pemungutan suara memberikan hasil 29-1 untuk format baru tersebut, dengan Portland Trail Blazers menjadi satu-satunya klub yang menolak opsi tersebut.

“Persetujuan dewan terhadap format start ulang NBA adalah langkah penting untuk melanjutkan kompetisi musim ini,” kata Komisioner NBA Adam Silver melalui pernyataan resmi.

Dilansir ESPN, lanjutan kompetisi itu juga akan digelar secara terpusat di satu tempat, yakni di Orlando, Florida, Amerika Serikat, mulai tanggal 31 Juli 2020.

Dalam format ini, 22 tim peserta itu terdiri dari peringkat 8 besar di Wilayah Timur dan Wilayah Barat, ditambah 5 tim dari Wilayah Barat dan 1 tim Wilayah Timur yang berada di luar 8 besar tapi masih berpotensi lolos ke playoff.

Keenam tim tambahan tersebut adalah New Orleans Pelicans, Portland Trail Blazers, San Antonio Spurs, Sacramento Kings, Phoenix Suns, dan Washington Wizards.

Selain itu, ada pula sejumlah perubahan untuk menentukan tim yang lolos ke playoff. Jika tim peringkat kedelapan dan kesembilan di klasemen akhir hanya terpaut 4 kemenangan, keduanya harus bertarung langsung untuk memperebutkan tiket playoff (tournament play-in).

NBA juga menyebut keseluruhan lanjutan kompetisi ini akan digelar secara terpusat di Walt Disney Resort di Orlando, Florida. Kedua puluh dua tim yang dinyatakan lolos akan mulai berlatih di lokasi tersebut pada 9-11 Juli 2020.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%